Banyak Artis Nyaleg, LIPI: Kapabilitas Mereka Kurang Mumpuni Jadi Anggota Dewan

Banyak Artis Nyaleg, LIPI: Kapabilitas Mereka Kurang Mumpuni Jadi Anggota Dewan

JAKARTA, SUARADEWAN.com -- Pengamat politik LIPI Fachry Ali menilai, fenomena artis yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif Dewan Perwakilan R

Dua Bulan Pacaran, Shinta Bachir Dilamar Anggota DPRD Sidrap
Puluhan Tahun Menikah 11 Seleb Ini Makin Awet dan Jauh Dari Gosip
Pelajaran dari Artis ‘Anak Langit’ yang Terjerat Narkoba

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Pengamat politik LIPI Fachry Ali menilai, fenomena artis yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bukan sebagai sesuatu yang positif bagi postur anggota DPR untuk 2019 – 2024. Sebab, ia menilai, kapabilitas artis-artis tersebut masih kurang mumpuni sebagai anggota dewan.

Fachry menjelaskan, DPR merupakan law maker atau pembuat undang-undang yang berdampak langsung pada masyarakat. Kemampuan membuat undang-undang itu, kata dia, belum dimiliki oleh kebanyakan artis yang namanya menyeruak sebagai anggota dewan 2019-2024. “Kalau artis kurang ideal,” kata Fachry, Ahad (12/8).

Anggota DPR, kata Fachry, harus memiliki kapabilitas di bidang masing-masing dan visi membangun kebijakan publik yang baik. Sebab itu, bila postur anggota dewan tidak memiliki kapabilitas pembuatan undang-undang, maka akan mengancam produk kebijakan publik tersebut. “Kualitas pembuatan undang undang yang terancam,” ujar dia.

Fenomena ini, kata Fachry, juga bukan semata-mata salah artis yang mendaftar sebagai caleg. Ia menyayangkan keputusan partai politik uang mengusung artis hanya dengan popularitasnya.

Sejumlah Artis yang nyaleg lewat Partai Nasdem

Menurut dia, dengan mengusung artis, parpol hanya berusaha meraup suara terbanyak dengan popularitas tanpa memikirkan kualitas yang merepresentasi partai tersebut. “Parpol tidak mau investasi pada orang orang yang mumpuni, mestinya mereka kan mengambil orang orang yang bagus, atau bahkan bila perlu membiayai (caleg potensial) kalau perlu ongkos,” ujar dia.

Baca juga  Menjabat Sebagai Anggota DPR RI Fraksi PAN, Harta 3 Mantan Artis Ini Naik Turun

Ia menambahkan, pada intinya, seorang anggota DPR harus terdidik dalam membuat kebijakan publik. Apalagi, kebijakan publik itu menjadi alat untuk meregulasi tingkah laku masyarakat.

Nah kalau kemudian yang membuat regulasi itu tidak bisa tidak mengerti, apanya yang mau dibuat. Jadi harus terdidik anggota DPR. Sekali lagi partai yang harus melihat itu,” ujar Fachry.

Sementara untuk masyarakat pemilih anggota legislatif, Fachry berharap agarberperan aktif. Peran aktif itu dilakukan dengan mengetahui latar belakang calon pemilih, tidak hanya asal memilih. “Harus rajin cari tahu juga para pemilih,” katanya.

 

Masyarakat harus aktif karena apa yang akan dibuat oleh anggota dewan adalah undang-undang yang berkenaan dengan kehidupan mereka. Masyarakat diimbau untuk rajin mencari informasi baik di media massa maupun mencari latar belakang anggota dewan.

Baca juga  Siti Zuhro: Rusmadi-Safaruddin Sebagai Pasangan Ideal

Artis yang mencalonkan diri mewakili partai Nasdem setidaknya ada 25 yang terdiri dari Syahrul Gunawan, Nurul Qomar, Diana Sastra, Krisna Mukti, Lucky Hakim, Olla Ramlan, Farhan, Conny Dio, Della Puspita, Mandra, Tessa Kaunang, Krisna Mukti, Okky Asokawati, Manohara, Adly Fayruz, Lucky Perdana, Krisna Mukti, Cut Meyriska, Jonathan Frizzi, Bertrand Antolin, Annisa Bahar, Nafa Urbach, Vicky Shu, Kristina Iswandari, dan Adly Fairuz.

Sekitar 10 artis mencalonkan diri melalui partai PDIP. Mereka adalah Krisdayanti, Ian Kasela, Jeffry Waworuntu, Harvey Malaiholo, Lita Zein, Kirana Larasanti, Chicha Koeswoyo, Iis, Sugianto, dan Angel Karamoy.

Lalu ada Tommy Kurniawan, Herman gitaris Seventeen, Ivan vokalis Seventeen, Saleh Said Bajuri, Sundari Sukoco, Arzeti Bilbina, dan Zora Vidyanata yang mencalonkan diri melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Raslina Rasidin, Donny Kusuma, Annisa Trihapsari, dan Sultan Djorghi mencalonkan diri melalui Parta Berkarya. Partai Demokrat mengusung 2 artis cantik sebagai bacaleg yaitu Dina Lorenza dan Jane Shalimar. Ahmad Dhani juga mendaftarkan diri mencadi caleg melalui Partai Gerindra. Terakhir, Partai solidaritas memiliki caleg yaitu Giring Ganesha. (re)

COMMENTS

DISQUS: