Awasi Iklan Kampanye di Media, Bawaslu Gagas Pembentukan Gugus Tugas

Awasi Iklan Kampanye di Media, Bawaslu Gagas Pembentukan Gugus Tugas

KPU dan Bawaslu Sebut #2019GantiPresiden Bukan Kampanye dan Pelanggaran
Terkait Iklan Kampanye, Bawaslu Kembali Panggil Harry Tanoe
Bawaslu Kabulkan Gugatan PBB Soal 2 Dapil dan 95 Caleg Tak Lolos di KPU

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menggagas pembentukan Gugus Tugas Pengawasan Dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, Dan Iklan Kampanye Pemilu 2019. Pembentukan Gugus Tugas itu dituangkan dalam surat keputusan bersama Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers.

Gugus Tugas dibentuk dengan dilatarbelakangi penciptaan perlakuan dan ruang yang sama kepada peserta Pemilu. Untuk mewujudkan Pemilu yang luber dan jurdil, perlu dilakukan pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran, dan iklan kampanye Pemilu Tahun 2019 melalui lembaga penyiaran, perusahaan pers, dan pers nasional.

Pengawasan tersebut dilakukan dengan berkoordinasi bersama antara Badan Pengawas Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum, Komisi Peyiaran Indonesia dan Dewan Pers. Gugus Tugas dibentuk di tingkat pusat dan di tingkat provinsi.

Baca juga  Dilaporkan ke Bawaslu Soal Bagi-bagi Tanah, Ma'ruf Amin: Bukan Saya yang Menjanjikan

Gugus tugas ini bertugas melakukan kajian laporan dugaan pelanggaran, mengambil keputusan terhadap adanya pelanggaran, dan mengawal penegakan hukum atas rekomendasi yang telah dikeluarkan.

Penegakan hukum dilakukan oleh masing-masing pihak sesuai dengan wewenangnya. Penegakan hukum terhadap peserta Pemilu dilakukan oleh Bawaslu dan KPU. Penegakan hukum terhadap lembaga penyiaran dilakukan oleh KPI. Sedangkan penegakan hukum terhadap perusahaan pers dan pers nasional dilakukan oleh Dewan Pers.

Baca juga  Bawaslu Kabulkan Gugatan PBB Soal 2 Dapil dan 95 Caleg Tak Lolos di KPU

Kegiatan Gugus Tugas pertama kali adalah menyusun Petunjuk Teknis tentang Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilu 2019 melalui Lembaga Penyiaran, Perusahaan Pers, dan Pers Nasional.

Selanjutnya semua lembaga dalam Gugus Tugas akan berkoordinasi dalam konsolidasi data dan informasi terhadap pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye; mengawal proses penegakan hukum; dan penyusunan dan pemberian rekomendasi atas tindak lanjut hasil pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye kepada masing-masing lembaga.

Selain itu, Gugus Tugas juga melakukan supervisi dan pembinaan dan evaluasi dan menyusun laporan akhir.

COMMENTS