oleh

Asprodem Minta Bupati Bombana Aspal Jalan Desa Lantawonua

BOMBANA, SUARADEWAN.com –Presedium Aliansi Masyarakat Sipil Pro Demokrasi(AS-Prodem) Refli meminta kepada Bupati Bombana Tafdil untuk serius menangani jalan yang rusak di Desa Lantawonua, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana.

Pasalnya kondisi jalan di Desa tersebut, menurutnya sangat jauh dari kata layak. Padahal Desa tersebut sudah mekar sejak belasan tahun yang lalu. Terutama lagi Desa lantawonua adalah satu-satunya Desa yang berada di dalam Ibu Kota Bombana.

“Tidak sepantasnya jalan di dalam Ibu Kota seperti ini, penuh dengan kubangan-kubangan dan lumpur. Ini Tamparan buat Pemda.Olehnya kita minta Bupati Bombana, serius menangani jalan ini, Semua harus ter Aspal tidak boleh ada yang terlewatkan” ujarnya, Jumat, (17/7/2020).

Kondisi Jalan Desa Lantawonua, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana.

Dijelaskan Refli, sebagai Desa yang di diami kurang lebih seribuan jiwa, serta memiliki potensi perkebunan, pertanian dan peternakan, perlunya pertumbuhan ekonomi di daerah itu harus di dorong melalui pembangunan infrastruktur jalan yang layak.

Baca juga  Pekerjaan Pembangunan Perpustakaan Bombana Diduga Tidak Patuhi Protokol Covid-19

Sebab selain berfungsi sebagai penghubung antar wilayah infrastruktur jalan juga sangat berpengaruh pada kegiatan distribusi logistik sebab merupakan urat nadi kehidupan ekonomi masyarakat. Perkembangan sosial budaya bahkan politik juga di pengaruhi baik tidaknya infrastruktur yang ada.

Selain itu, jalan juga dapat menopang sektor transportasi yang dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, mobilisasi hasil panen, yang itu sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Dan di Desa Lantawonua itu  mayoritas masyarakatnya petani padi, dan pekebun,” katanya.

Baca juga  PT. Jhonlin Tak Hadir RDP di DPRD Sultra, Aliansi Sipil Pro Demokrasi Bombana Kecewa

Olehnya, kata dia, untuk mengupayakan memakmurkan rakyat dan menaikkan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu maka salahsatu yang harus dilakukan Pemda adalah memperbaiki jalur distribusi atau jalan.

“Karena kualitas jalan adalah adalah kualitas perekonomian mereka. Sudah sepatutnya jalan Desa ini di atensi cepat.

Lebih jauh, iya mendesak pemerintah Desa Lantawonua untuk se-segera mungkin menuntaskan jalan yang menjadi tanggung jawab nya, yakni jalan Desa.

“Minimal jalan Desa itu di rigit beton. Percuma anggaran miliaran kalau jalan Desa yang kurang lebih sekiloan itu tidak bisa di tuntaskan,” pungkasnya. (Asb)

Komentar