oleh

Artis Dalam Pusaran Narkoba

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Heboh penangkapan artis dangdut Ridho Rhoma karena kasus narkoba menambah daftar panjang artis dalam pusaran narkoba yang terjerat dalam kubungan barang haram tersebut di tanah air. Hampir setiap tahun, selalu saja ada artis yang harus harus berurusan dengan pihak berwajib karena tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkoba.

Banyak artis yang mengkonsumsi narkoba untuk mencari ketenangan namun berakhir dalam ketergantungan. Beberapa kasus narkoba yang melibatkan artis seperti kasus yang menjerat Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Gatot Brajamusti pada tahun 2016, menjadi indikator bahwa narkoba sangat dekat dengan para artis.

Gaya Hidup

Pecandu narkoba dari kalangan artis memang menjadi fenomena yang lazim ditemui.  Salah satu faktor penyebabnya adalah karena gaya hidup yang glamor dan hedon.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut, kalangan artis memang sangat rentan terhadap narkoba. Konsumsi narkoba memang menjadi gaya hidup artis.

“Lebih utama memang mereka dipengaruhi gaya hidup, tapi tidak semua. Gaya hidup artis menuntut agar bisa sedemikian rupa dirinya, kan mereka beda dengan orang biasa, (narkoba) bisa menjadikan yang bersangkutan ada nilai-nilai berubah. Itu dari sisi internal,” terang Kasubdit Lingkungan Kerja dan Masyarakat BNN Kombes Ricky Yanuarfi di Jakarta, Sabtu (25/3/17).

Godaan menikmati narkoba sangat kuat terutama bagi kalangan artis. Sebagai publik figur, tuntutan untuk selalu tampil prima menjadi kewajiban setiap artis. Mengonsumsi narkoba akan meningkatkan rasa percaya diri sehingga performa mereka akan lebih optimal. Kebutuhan ini pada akhirnya akan mengakibatkan efek ketergantungan sehingga susah untuk berhenti.

Berdasarkan informasi yang dihimpun suaradewan.com, sejauh ini setidaknya puluhan artis Indonesia pernah terjerat narkoba.

Berikut deretan nama artis tersandung kasus narkoba:

  1. Jennifer Dunn. Di tahun 2005 Jennifer terseret kasus narkoba karena kepemilikan ganja. Tahun 2019, ia kembali tertangkap sedang menggunakan narkoba dan wajib menjalani masa tahanan selama empat tahun.
  1. Ria Irawan. Di Tahun yang sama, 2005, publik kembali dikejutkan dengan tertangkapnya artis Ria Irawan dalam sebuah penggerebekan yang dilakukan oleh BNN di sebuah diskotek di Jakarta Selatan. Ia positif menggunakan narkoba.
  1. Roy Marten. Aktor kawakan Roy Marten tercatat sudah dua kali tertangkap tangan sedang mengkonsumsi narkoba. Terakhir Roy dibekuk saat berpesta shabu di sebuah hotel di Surabaya pada tahun 2007. Sebelumnya Roy Marten ditangkap satu tahun sebelumnya dan dijatuhi vonis tiga tahun penjara.
  1. Sheila Marcia. Bersama empat temannya, Sheila Marcia tertangkap tangan sedang pesta narkoba di apartemen Pluit, jakarta Utara pada tanggal 7 Agustus 2008 dan dipenjara selama satu tahun. Sayangnya pada tanggal 7 September 2009, Sheila kembali tertangkap dan harus menuntaskan masa tahanannya dengan perut yang membuncit karena hamil. Sheila akhirnya bebas pada tahun 2010.
  1. Achmad Albar. Musisi senior  Achmad Albar ditangkap atas kepemilikan   ekstasi sebanyak 490 ribu butir Achmad Albar kemudian divonis delapan bulan penjara karena terbukti menyembunyikan buronan dan menggunakan obat psikotropika.
  1. Sammy ‘Kerispatih’. Vokalis grup band Kerispatih ini tertangkap tangan sedang berpesta shabu di sebuah rumah kos elit di Kuningan. Sammy dituntut penjara lima tahun namun majelis hakim hanya memvonisnya satu tahun dan wajib mengikuti program rehabilitasi.
  1. Yoyo ‘Padi’. Drummer Grup band Padi ini tertangkap polisi pada tanggal 27 Februari 2011, saat sedang pesta shabu-shabu. Yoyo akhirnya mendekam dalam tahanan BNN selama satu tahun.

Next

Next