oleh

Antusias Sukseskan Kongres 1 FKM Bone Raya, DPP Kebut Pembentukan DPW & DPD FKM Bone Raya Se-Indonesia & LN

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kongres I Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya (FKM Bone Raya) akan digelar pada akhir bulan Mei 2020. Silaturahmi akbar Ugi To Bone ini juga akan dihadiri oleh peserta yang berasal dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Se-Indonesia bahkan dari Luar Negeri (DPDLN).

Sekretaris Panitia Pelaksana (OC) Kongres I, Andi Chaidar Arsyad mengatakan untuk saat ini FKM Bone Raya telah terbentuk di beberapa Provinsi dan Kabupaten/Kota diantaranya Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

“Pada tanggal 01 Februari 2020 lalu, bertempat di Perpusnas Jakarta, telah dilantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) DKI Jakarta bersamaan dengan dilantiknya kepengurusan FKM Bone Raya Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara, Untuk DPW FKM Bone Raya Provinsi Banten juga telah dilantik bersama DPD FKM Bone Raya Kota Serang, Kabupaten Serang, Kab Pandeglang serta Kota Tangerang Selatan. Untuk Jawa Barat telah dilantik Kepengurusan Depok dan Kota Bogor,” kata Andi Chaidar saat diwawancara oleh suaradewan.com melalui sambungan seluler, Jakarta, Minggu (16/02).

Adapun kelanjutan untuk pelantikan pengurus yang akan menyusul antara lain, DPW FKM Bone Raya Jawa Barat akan gelar pelantikan pada akhir bulan Maret, dan untuk Jawa Timur pada awal bulan April dan lainnya menyusul Sulawesi Tenggara, Provinsi Riau, Gorontalo, Papua, Sumatera Selatan, Kepri, Maluku Utara, termasuk juga Kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, Kota Bekasi, dan beberapa daerah di Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

“Sementara itu untuk materi Kongres I FKM Bone Raya akan di selesaikan dan menunggu Juklat dan Juknis SC Kongres, kami OC yang akan mengekseskusinya” tambah Andi Chaidar lagi.

Kongres I FKM Bone Raya akan menetapkan AD/ART Organisasi, PO Organisasi serta beberapa rekomendasi eksternal maupun internal yang tujuannya untuk kepentingan dan kemaslahatan/Kesejahteraan Ugi To Bone di rantau maupun di kampung kita sendiri Bone.

Adapun, Kongres I FKM Bone Raya dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan antara lain seminar budaya, jalan santai dengan menghadirkan beberapa hadiah menarik, penanaman sejuta pohon secara simbolik, serta juga diadakan pegelaran seni budaya dengan menghadirkan artis ibukota untuk turut memeriahkan acara kita ini.

“Insya Allah, panitia SC dan OC bekerja keras dalam mengejar waktu, dengan interval waktu sekitar 3 bulan kita akan menyukseskan hajatan besar ini. Saya sebagai Sekretaris OC mendampingi Bapak Andi Kasman Makkuaseng sebagai ketua OC, Sementara Bapak A. Nasser Ras selaku Ketua SC, didampingi Bapak Andi Muhammad Rusdi Galigo sebagai Sekretaris SC dibantu 19 Anggota SC lainnya. Sementara Panitia OC Kongres berjumlah sekitar 70 orang belum termasuk panitia lokal di Makassar dan Bone itu sendiri yang akan terlibat secara aktif bahu membahu menyukseskan acara Kongres kita ini,” pungkasnya.

Pria yang juga merupakan Ketua Umum DPN KKP Bone ini menuturkan bahwa antusiasme semua Panitia dalam melaksanakan kongres I FKM Bone Raya ini begitu luar biasa. Hal itu, katanya, diliat dari kehadiran hampir semua panitia di rapat perdana yang dilaksanakan pada 16 Februari 2020 di Wisma NH, Jakarta.

“Insya Allah, semangat ini juga tertular hingga ke daerah-daerah. Ini merupakan sinyalemen baik bahwa pusat FKM Bone Raya bergerak Insya Allah akan diikuti oleh daerah-daerah Provinsi Kab/Kota juga gitu,” tambahnya.

“Kita juga berharap hasil yang akan dicapai dalam pelaksanaan kegiatan Kongres ini bisa maksimal, karena ini merupakan Kongres I atau perdana FKM Bone Raya, harapan kita semua pengurus dan anggota di seantero nusantara agar FKM Bone Raya mampu mengayomi dan menjadi organisasi yang eksis sehingga sangat diharapkan keberadaannya oleh Masyarakat Ugi To Bone dimanapun berada,” tutupnya.

Sementara itu, menurut Ketua SC Nasser RAS akan merampungkan draf Kongres, Juklat dan Juknis kepanitiaan FKM Bone Raya. Bersama sekretaris SC Andi Muhammad Rusdi Galigo dan seluruha jajarannya akan mengagendakan rapat khusus SC untuk membicarakan dan memantapkan draf-draf kongres ini.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini SC dan anggotanya untuk memantapkan Juklat dan Juknis SOP untuk dilaksanakan oleh OC,” pungkas Nasser dalam sambutan rapat Panitia di Wisma NH, Minggu (16/02).

Diketahui, FKM Bone Raya adalah organisasi yang berdiri sendiri/independen dan bukan merupakan pilar atau otonom dari organisasi manapun. FKM Bone Raya saat ini dikomandoi oleh Ketua Umumnya Bapak H.A.M Nurdin Halid, dan Sekretaris Jenderal Bapak H. Andi Kasman Makkuaseng.

Sebagaimana visi misi FKM Bone Raya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bugis Bone yang ada dirantau melalui Koperasi dan kesejahteraan Tau Ogie Bone melalui pemekaran-pemekaran Kabupaten hingga menuju menjadi Provinsi Bone Raya.

Ketua Umum FKM Bone Raya H.A.M Nurdin Halid dalam sambutannya Pelantikan Pengurus DPP, DPW, dan DPD FKM Bone Raya pada tanggal 1 Februari 2020 di Gedung Perpusnas RI, bahwa FKM Bone Raya adalah panggilan pengabdian terhadap tanah leluhur di Bone.

“Oleh karena itu, saya bersama Sekjend dan seluruh pengurus akan menyusuri lorong-lorong perjuangan, lereng-lereng pengabdian, dan sungai-sungai kehidupan.  Apa itu lorong-lorong perjuangan? Maka saya akan berkunjung di mana pun orang-orang Bone berada,” kata H.A.M Nurdin Halid, dalam sambutan pelantikan DPP, DPW dan DPD se- Jabodetabeksar, Gedung Perpusnas, Sabtu (01/02).