oleh

Anggota DPR Fraksi PDIP: UKP Pancasila Harus Sasar Kelompok Anti Pancasila

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Maruarar Sirait, menegaskan bahwa Unit Kerja Pembina (UKP) Pancasila yang baru-baru ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo harus punya kerja-kerja prioritas.

Tak hanya memberdayakan, membumikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada seluruh rakyat Indonesia, UKP Pancasila harus menilik secara kelompok-kelompok yang anti terhadap Pancasila.

banner 1280x904

“Jadi poin prioritasnya yang harus jadi targeti itu ya kelompok yang selama ini jauh dari Pancasila,” ujar Maruarar di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Anggota dewan dari fraksi Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) ini juga menganjurkan UKP Pancasila agar mampu menjangkau dan menginventarisir kelompok-kelompok penentang Pancasila dengan cara melakukan pemetaan terlebih dahulu.

Baca juga  Patriot Garuda Nusantara: Bubarkan HTI dan FPI, Coret Amien Rais sebagai Bapak Reformasi

“Harus ada pemetaan terlebih dulu di samping kerangka program kerja yang akan dibuat. Kelompok mana yang akan didekati dan bagaimana cara pendekatannya,” tambahnya.

Ini, lanjut Maruar, harus secara penuh dilakukan oleh elemen-elemen yang beradai di bawah tim UKP Pancasila. Apalagi tim ini dibentuk tepat pada waktunya di mana kondisi bangsa mulai terpecah, yang cenderung tidak lagi mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga  Kapolri: Tangkal Paham Radikal Dengan Perkuat Doktrin Pancasila

“Saya pikir ini langkah yang tepat mengingat situasinya saat ini. tokoh-tokoh di dalamnya diharapkan bisa betul-betul menjalankan tugasnya,” harap Maruarar.

Sebelumnya Presiden Jokowi melantik Tim UKP Pancasila. Mereka yang termasuk di dalamnya adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, Kepala Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-I) Yudi Latief), dan beberapa sosok negarawan lainnya yang memang concern di wilayah kebangsaan. (ms)

Komentar