oleh

Anggota DPD RI Asal Papua Barat Dukung Tambahan Dana OTSUS 2021

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggota DPD Dapil Papua dan Papua Barat, M. Sanusi Rahaningmas mendukung pemerintah menambah dana Otsus di tahun 2021.

“Kita tahu dana dari pemerintah pusat itu besar, dan alhamdulilah Pada tahun 2021 dana Otsus ada kenaikan sedikit,” kata Sanusi Rahaningmas di acara Talkshow & Diskusi Media secara daring yang bertajuk; Otsus dan Masa Depan Papua, Minggu (29/11/2020) siang.

banner 728x419

Ia menilai dana otsus yang telah dialokasikan pemerintah pusat belum merata. Hal ini dikarenakan penyelenggara dan pihak pelaksana banyak yang belum adil dan bijak dalam penerapan dana otsus, khsusnya alokasi pendidkan.

Baca Juga:  Mantan Komnas HAM Prof. Hafidz Abbas Sebut Masalah di Papua ada 3

Menurutnya pengelolaan dana Otsus di bidang pendidikan, harus menggunakan data real. Dan pendidikan ini harus memprioritaskan kepada anak Papua yang orang tuanya tidak berpenghasilan tetap.

“Ada anak yang orang tuanya berpenghasilan tetap, dan orang tuanya tidak berpenghasilan tetap. Jadi harus diprioritaskan kepada anak papua yang orang tuanya tidak berpenghasilan tetap sehingga anak mereka bisa bersekolah,” ucapnya.

Lanjutnya, jika dana Otsus diberlakukan dan dimanage dengan baik, meskipun alokasi anggaran setelah dibagi tetap berkurang, pasti akan bisa bermanfaat. Khsusnya kepada anak-anak papua yang ingin melanjutkan pendidikan.

Baca Juga:  Langgar Pasal 52 Tatib DPD, AM Fatwa : Irman Gusman Harus Mengundurkan Diri

Karena itu, menurutnya otsus perlu dievaluasi, dan harus ada regulasi. Apapun harus ada perbaikan untuk meningkatkan sumber daya anak anak papua. Hal ini harus dilakukan dengan hati naruni yang baik.

“Sebagai DPD kami tetap akan berjuang secara maksimal sesuai dengan tupoksi kami,” ucapnya. (aw)

Komentar

Berita Lainnya