oleh

Amankan Kunjungan Raja Saudi, Polisi Siap Siagakan Para Sniper

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dalam rangka mengamankan kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bi Abdulaziz al-Saud, ke Indonesia, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihak kepolisian. Di antaranya adalah menyiapkan para penembak runduk atau sniper di sejumlah titik, serta strerilisasi hotel yang akan menjadi tempat menginap Raja Saudi dan rombongannya.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, pengamanan ketat akan diberlakukan demi menjamin keamanan serta kenyamanan Raja Salman selama berada di Indonesia, dalam hal ini ketika berkunjung ke Jakarta.

“Tentunya itu cara bertindak kepolisian, dia kan seorang Raja, tamu VIP,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (24/2/2017).

Adapun penempatan para sniper ini, tambah Argo, tergantung situasi di lapangan. Teknis pengerahannya akan diatur oleh Biro Operasi Keamanan Polda Metro Jaya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan berkoordinasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan pasukan pengaman yang ikut mengawal Raja Salman dari negeri Arab ke Indonesia.

“Namanya juga Raja datang, kalau membawa pengamanan sendiri pun kami koordinasi dengan Paspampres juga, PMJ juga mengamankan jalur dan lokasi serta orang, dan kami juga akan kerjasaman dengan Polda Jabar antisipasi supaya tidak terjadi kemacetan,” terang Argo.

Di samping penempatan sniper, hotel tempat menginap Raja Salman beserta rombongannya juga turut mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. Hotel tersebut adalah Hotel Raffles Jakarta di Kuningan, Jakarta Selatan. Lokasi tersebut, kata Argo, bakal mendapat pengamanan penuh dan arealnya akan dibuat steril.

“Itu semuanya sesuai dengan SOP, tentu kami lakukan (sterilisasi). Itu tamu negara, tamu VIP ya. Kami lakukan semuanya,” lanjut Argo.

Untuk tempat lain yang juga akan dijadikan referensi menginap Raja Salman, pihak kepolisian masih mencari informasinya. Pihaknya juga belum mendapatkan jadwal pasti soal kedatangan Raja Salman dan rombongannya yang dinilai akan datang secara terpisah. (ms)

Komentar