Agar Mudik Tidak Emosi di Jalan, Berikut Tipsnya

Agar Mudik Tidak Emosi di Jalan, Berikut Tipsnya

Arus Mudik-Balik Lancar, Menhub: Terimakasih, Polri
Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni 19-20 Juni
Aliansi Bela Garuda Apresiasi Kelancaran Mudik Lebaran

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Macet di jalan bukan hanya menguras tenaga fisik, mental dan kejiwaan juga ikut terkuras loh. Misalnya uring-uringan, bosan atau jenuh dan yang lainnya. Selain persiapan makanan dan minuman, apalagi yang perlu dipersiapkan ya di kala perjalanan mudik panjang?

“Kalau letih di jalan dan bikin emosi tidak terkontrol, berarti bisa dilakukan 2 hal, ventilasi emosi dan pengalihan,” kata Bona Sardo, M.Psi, psikolog dari Universitas Indonesia, saat dihubungi detikHealth.

Ventilasi emosi artinya perasaan yang bikin gusar ke orang lain yang ada di kendaraan. Orang lain tersebut pun harus bisa membantu memvalidasi emosi.

Langkah keedua adalah dengan mengalihkan dengan kegiatan lain, seperti main aplikasi-aplikasi game di handphone, nonton youtube, mendengarkan musik, dan lain-lain. Tapi hati-hati ya, pastikan tidak sedang mengemudi agar fokusnya tidak terganggu.

“Intinya kalau mau mudik kan buat persiapan yang lengkap untuk mengantisipasi kebosanan di jalan, seperti sedia gadget, powerbank, snack, minuman ringan, buku favorit, dan lain-lain,” jelas Bona.

Saran serupa juga disampaikan oleh Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth.

“Pertama siap menghadapi macet, kedua siap dengan berbagai alternatif mood booster di jalan, yang ketiga tetap menjaga kesehatan dengan membawa vitamin dan lain-lain,” kata Veronica.

Veronica menambahkan alternatif mood yang bisa dipersiapkan seperti musik kesukaan, bantal relaks, parfum mobil yang menenangkan, materi candaan, buku cerita, dan permainan. (aw/detik.com)

COMMENTS