oleh

Aceh Konfirmasi Kasus Pertama Corona, Korban Memiliki Catatan Perjalanan ke Surabaya dan Bogor

BANDA ACEH, SUARADEWAN.com  — Pasien dalam pengawasan yang meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh pada Senin (23/3) dikonfirmasi positif terserang Covid-19. Kasus itu merupakan laporan pertama Covid-19 di Provinsi Aceh.

“Benar positif (Covid-19), tadi pagi pukul 06.45 WIB posko resmi dari Jakarta di Balitbangkes menyampaikan ke kami,” kata Direktur RSUD Zainoel Abidin dr Azharuddin di Banda Aceh, Kamis.

banner 1280x904

Ia mengatakan bahwa pasien dalam pengawasan berusia 56 tahun dari Lhokseumawe. Pasien pria yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona tersebut punya riwayat perjalanan ke Surabaya dan Bogor, daerah yang melaporkan penularan Covid-19. Pasien itu menurut hasil diagnosis terakhir mengalami infeksi paru-paru.

“Jadi ini kasus pertama positif (COVID-19) untuk Aceh dan menjadi keprihatinan untuk kita semua. Kita harus prihatin, tapi kita tidak boleh panik dan kita harus waspada lebih tinggi lagi,” kata Azharuddin.

Baca juga  Dubai: Selamat Tinggal Kemewahan?

Ia menjelaskan bahwa dokter, perawat, dan tenaga medis lainyang menangani pasien positif COVID-19 telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. “Sudah kita istirahatkan dulu selama dua minggu, off dulu,” katanya.

Menurut Azharuddin, hasil spesimen almarhum disampaikan secara resmi oleh Balitbang Kemenkes Jakarta pagi ini.

“Sudah keluar tadi pagi, kita disampaikan secara resmi oleh yang mengumumkan di Jakarta. Ini positif pertama di Aceh,” jelas Azharuddin.

Sebagaimana diketahui, PDP Asal Lhokseumawe tersebut meninggal dalam pengawasan dan perawatan tim medis di RICU RSUDZA Banda Aceh.

Senin (23/3/2020), PDP berinisial AA tersebut meninggal pada pukul 12.45 WIB setelah mengalami sesak napas dan pneumonia akut.

Baca juga  Tuntutan Tak Dipenuhi, Napi Protes dan Rusak Fasilitas Rutan

Sementara itu Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani membenarkan ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) lainnya di RSUZA Banda Aceh (selain PDP berinisial AA asal Lhokseumawe yang postif corona), meninggal dunia.

Pasien ini meninggal dunia dalam perawatan di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Rabu 25 Maret 2020.

“Benar, ada seorang PDP inisial EY (43 thn), laki-laki, dari Kabupaten Aceh Utara, meninggal dunia dalam perawatan RICU RSUZA Banda Aceh, sekira pukul 18.40 wib tadi,” kata SAG, Kamis (26/3/2020), pukul 01.00 dini hari, seperti dikutip siaran pers Humas Aceh, pagi ini. (red)

Komentar