81 Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan di 12 Daerah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pujiastuti, hari ini Sabtu (1/4) meneggelamkan puluhan kapal asing pencuri ikan

Puluhan WNA Asal Vietnam Pelaku Illegal Fishing Dideportasi
Awasi Laut, Menteri Susi Gandeng Badan Antariksa Inggris
Banyak Oknum Instansi Pemerintah Yang Terlibat Illegal Fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pujiastuti, hari ini Sabtu (1/4) meneggelamkan puluhan kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia.

Penenggelaman tesebut dilakukan secara serentak di 12 daerah di Indonesia, antara lain di Aceh, Pontianak, Bali, Sorong, Merauke, Belawan, Tarempa, Natuna, Tarakan, Bitung, Ternate, dan Ambon.

“Kami (KKP) dibantu TNI dan Polri melakukan penenggelaman di dua belas lokasi,” kata Menteri Susi.

Total ada 81 kapal yang akan ditenggelamkan. Sebanyak 46 kapal tersebut diketahui berasal dari Vietnam, 18 bersal Filipina, 11 dari Malaysia, dan 6 dari Indonesia.

Kapal-kapal itu merupakan hasil tangkapan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal atau Satgas 115 dan aparat lainnya di perairan Wilayah Pengelolaan Perikanan Indonesia.

Diakatakan Susi, penenggelaman kapal-kapal asing itu merupakan bentuk penegasan bahwa Indonesia benar-benar serius dalam mengatasi persoalan pencurian ikan.

“Kita tentu sudah beri notice kepada negara-negara yang kapalnya mencuri ikan kita ini. Kita perlihatkan bahwa kita serius. Kita tenggelamkan agar mereka jera dan tidak mencuri ikan kita lagi,” ujarnya.

Penenggelaman puluhan kapal tersebut dipimpin langsung oleh Susi dari pantai Morela, Ambon. Dia terhubung melalui video conference dan live streaming dengan 11 daerah penenggelaman lainnya. (ZA)

COMMENTS

DISQUS: