5 Selebritas Dunia yang Memutuskan jadi Mualaf Seperti Sinead O’Connor

5 Selebritas Dunia yang Memutuskan jadi Mualaf Seperti Sinead O’Connor

JAKARTA, SUARADEWAN.com -- Penyanyi kelahiran Irlandia, Sinead O'Connor, mengumumkan lewat akun Twitter-nya bahwa ia telah resmi memeluk Islam. Pelant

Trump, Islamofobia, dan Benturan Peradaban
Keutamaan Makkah, Kota Damai dan Sebaik-baiknya Bumi Allah
Bagaimana Kekhalifahan Usmani Yang Berusia Enam Abad Lebih dan Menguasai Tiga Benua Berakhir

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Penyanyi kelahiran Irlandia, Sinead O’Connor, mengumumkan lewat akun Twitter-nya bahwa ia telah resmi memeluk Islam. Pelantun tembang Nothing Compares 2 U yang terkenal pada dekade 90-an itu, juga mengatakan bahwa dia telah mengubah namanya menjadi Shuhada’.

“Kali ini saya mengumumkan dengan bangga bahwa saya telah menjadi seorang Muslim,” tulis O’Connor lewat akun @MagdaDavitt77 pada 19 Oktober 2018.

Ia menyebut, perpindahan keyakinannya itu sebagai hasil dari perjalanan spiritual. “Saya akan memiliki nama baru (lainnya). Yakni, Shuhada’.”

Di media sosial tersebut, Sinead O’Connor juga berterima kasih kepada sesama muslim di seluruh dunia atas dukungan mereka. Selain mengganti namanya di halaman Twitter, sang musisi legendaris itu juga mengganti foto profilnya dengan yang baru. Dia tampak mengenakan jilbab.

Selain Sinead O’Connor, ada sejumlah selebritas dunia lain yang memutuskan masuk Islam. Seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (26/10/2018), berikut 5 di antaranya yang memutuskan jadi mualaf:

1. Mike Tyson

Pada dekade 1980-an, Mike Tyson merajai ring tinju. Ia jadi juara dunia tinju kelas berat dan menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia.

Namun, roda nasib seseorang bisa berputar 180 derajat. Tyson yang pernah akrab dengan kehidupan gemerlap anjlok ke titik terendah. Kariernya hancur berantakan. Ia bahkan harus mendekam di penjara karena terjerat kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Saat mendekam di penjara Plainfield Correctional Facility, Indiana, Tyson berkenalan dengan Muhammad Siddeeq — yang memperkenalkan Islam padanya.

Baca juga  10 Artis Ini Pernah Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Persahabatannya dengan Hakeem Olajuwon dan kekagumannya pada Muhammad Ali juga berperan besar dalam keputusan yang ia ambil.

Di bawah bimbingan Siddeeq, Tyson kemudian memeluk Islam dan memiliki nama baru Malik Abdul Aziz.

2. Janet Jackson

Janet Jackson merupakan adik legenda musik pop, Michael Jackson. Sejak kecil Janet Jackson sudah sangat akrab dengan panggung musik sejak kecil.

Kali ini, bukan karier Janet Jackson yang menjadi pembicaraan, tapi mengenai keyakinan sang artis. Janet Jackson disebut-sebut telah memeluk agama Islam.

Berbagai media Hollywood menyebutkan, Janet Jackson memilih menjadi mualaf setelah menikah dengan suami ketiganya, Wissam al Mana pada 2013 silam. Janet Jackson dilaporkan banyak menghabiskan waktu di Qatar.

Keputusan Janet Jackson kabarnya disambut hangat oleh sang kakak, Jermaine yang lebih dahulu menjadi mualaf. “Kami telah menjadi,” ujar Jermaine.

3. Muhammad Ali

Petinju terbaik yang pernah dimiliki Amerika, Muhammad Ali, tampil garang saat menghadapi lawannya di atas ring.

Pria yang lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay ini memutuskan untuk berganti menjadi Muhammad Ali, pemberian seorang tokoh Muslim dari Nation of Islam (NOI), Elijah Muhammad pada tahun 1964. Menurutnya nama Clay tidak menyiratkan arti ketuhanan.

Keyakinan Ali memeluk agama Islam bertambah kuat, ia pun membuat pernyataan yang menggetarkan hati setiap orang saat itu.

Baca juga  Runtuhnya Islam di Andalusia Bisa Terulang di Indonesia

“Aku bertambah yakin bahwa Islam adalah agama yang hak, yang tidak mungkin dibuat oleh manusia. Aku mencoba bergabung dengan komunitas Muslim dan aku mendapati mereka dengan perangai yang baik, toleransi, dan saling membimbing. Hal ini tidak aku dapatkan selama bergaul dengan orang-orang Nasrani yang hanya melihat warna kulitku dan bukan kepribadianku,” paparnya.

4. Jermaine Jackson

Jermaine Jackson merupakan salah satu saudara Michael dan Janet Jackson. Jermaine Jackson merupakan salah satu personel Jackson 5 yang pernah duet dengan Whitney Houston.

Pada 1989, Jermaine Jackson menyebutkan telah memeluk Islam. Sejak disebut-sebut menjadi mualaf, Jermaine Jackson tak terlalu aktif di panggung musik.

Namun Jermaine Jackson mengaku merasa lebih tenang setelah memeluk Islam. Menurut Jermaine Jackson, dirinya telah menemukan semua jawaban yang selama ini ia cari.

5. Jemima Goldsmith

Model cantik asal Inggris sekaligus keturunan keluarga kaya raya keturunan Yahudi di Inggris, Goldsmith, Jemima secara mengejutkan memeluk Islam pada 1995. Semua itu terjadi beberapa bulan sebelum ia menikah dengan pria asal Pakistan bernama Imran Khan.

Ia mengubah namanya menjadi Jemima Khan.

Jemima Goldsmith disebut-sebut mempelajari Islam karena telah menjadi budaya suaminya yang sangat kental. Awalnya, Jemima Goldsmith disebut-sebut mempelajarinya karena sebuah kewajiban.

Seiring berjalannya waktu, Jemima Goldsmith mulai meyakini kebenaran dalam ajaran agama Islam, seperti diwartakan situs Albawaba.

COMMENTS

DISQUS: