oleh

5 Atlet Indonesia Yang Sukses Curi Perhatian di Asian Games 2018

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Atlet-atlet Indonesia sukses melampaui target perolehan medali yang ditargetkan kepada mereka di Asian Games 2018. Dari target 16 medali emas, para atlet sukses meyumbangkan hampir dua kali lipat yakni sebanyak 31 medali emas.

Beberapa atlet yang sebelumnya tak dibebani target medali bahkan tanpa diduga mampu mencapainya. Tak ayal hal tersebut membuat nama mereka melambung di kalangan masyarakat umum yang sebelumnya tak mengenal nama mereka.

Bukan hanya prestasi, beberapa nama bahkan juga mampu mencuri perhatian lewat aksi-aksi mereka selama dan usai pertandingan. Siapa saja mereka, berikut kami merangkumnya:

1. Defia Rosmaniar (Taekwondo)

Di awal gelaran Asian games 2018, nama Defia Rosmaniar mampu menghiasi berbagai headline media masa juga di lini masa media sosial. Hal tersebut setelah dirinya mampu meraih medali emas lewat cabor Taekwondo nomor Pomsae Putri.

Keberhasilan Defia itu semakin membuat namanya melambung karena dirinya merupakan peraih medali emas pertama kontingen di Indonesia.

Satu lagi yang membuat dara manis kelahiran Bogor itu menjaid buah bibir adalah ketika dirinya mendapatkan bisikan dari Presiden Joko Widodo usai meraih medali emas.

Bisikan yang belakangan diketahui merupakan ucapan terima kasih Jokowi terhadap dirinya atas medali emas pertama bagi Indonesia di Asian Games 2018.

2. Jonatan Christie (Bulutangkis)

Nama Jonatan Christie memang merupakan salah satu atlet bulutangkis yang masuk jajaran atas di Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri namanya masih kalah dibandingkan duet minion Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Baca juga  Sambut Asian Games 2018, DKI Siapkan Trotoar Bermotif Lurik

Di Asian Games 2018 kali inilah menjadi puncak semakin menjulangnya nama Jonatan Christie. Mampu mengkandaskan pebulutangkis unggulan dunia hingga meraih medali emas di nomor tunggal putra bulutangkis perorangan, nama pria yang karib disapa Jojo itu semakin menjadi perbincangan lantaran didukung oleh wajah rupawan yang dimilikinya.

Terlebih aksinya buka baju usai menang di babak semifinal dan final, membuat banyak semakin banyak remaja putri yang jatuh hati mengidolainya kini.

Jojo sendiri juga menjadi sorotan karena berhasil membuat tunggal putra Indonesia meraih medali emas Asian Games, setelah sebelumnya terakhir kali diraih Taufik Hidayat pada Asian Games 2006 silam.

3. Aries Susanti (Panjat tebing)

Datang ke Asian Games 2018 dengan status juara dunia, tak bisa disangkal bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal nama Aries Susanti.

Namun di Asian Games 2018 kali inilah, gadis asal Grobogan itu seakan membuktikan kualitasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Aksi cepatnya memanjat bak laba-laba, bukan hanya mampu sumbangkan satu medali emas, Aries bahkan sukses mebawa pulang dua buat Indonesia. Lewat nomor kecepatan perorangan putri dan nomor kecepatan beregu putri.

Membuat orang takjub atas kemampuan dan raihan tersebut, kini julukan Spiderwomen Indonesia yang melekat didirinya bukan hanya dikenal di kalangan pecinta panjat tebing, naun juga seluruh masyarakat Indoensia yang menyaksikan Asian Games 2018.

Baca juga  Telkomsel Pastikan Pengamanan Kualitas Kapasitas Seluler Selama Asian Games

4. Hanifan Yudani (Pencak Silat)

Selain sukses menyumbangkan total 14 medali emas dan satu perunggu, cabor pencak silat juga mampu menghadirkan oase kegembiraan ditengah hiruk pikuk politik Indonesia.

Itu terjadi ketika salah satu atletnya Hanifan Yudani secara spontan memeluk dua pasang calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto secara bersamaan.

Aksi yang dilakukannya usai meraih medali emas di nomor pertandingan putra kelas C (55-60kg) itu juga membuat banyak rakyat Indonesia yang menyoroti namanya dan juga berterima kasih atas apa yang dilakukannya.

5. Saiful Rijal (Sepak Takraw)

Indonesia sukses menyabet medali emas di cabor Sepak takraw untuk pertama kalinya ketika, Saiful Rijal dan kawan-kawan mampu mengkandaskan perlawanan Jepang di final nomor Quadrant Putra.

Medali yang merupakan emas ke-31 Indonesia di Asian Games 2018 itu juga mampu melambungkan nama Saiful rijal ke seantero Indonesia.

Bukan tanpa alasan, keberhasilan tim sepak takraw tersebut memang tak lepas dari aksi-aksi memukau salto yang dilakukan pemain yang memiliki sapaan akrab Mas Ipul tersebut.

Aksi luar biasa ditambah nama yang enak untuk dilafalkan, semakin membuat nama pemain asal Jawa timur itu begitu melekat di telinga masyarakat Indonesia. (is)