10 Teratas Perguruan Tinggi Terbaik dan Top Dunia Versi QS WorldMassachusetts Institute of Technology (MIT), USA

10 Teratas Perguruan Tinggi Terbaik dan Top Dunia Versi QS World

Menjelang Aksi Besar 20 Mei, Presiden Mengajak Seluruh Organ Ke Istana
Kampus Muhammadiyah Jogja Tak Larang HTI
Babak Final MUSDA KNPI Kota Jayapura

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Dalam penilaiannya, QS World memberi peringkat 1.001 universitas dunia berdasarkan 6 kriteria, termasuk diantaranya adalah reputasi akademik (menyumbang 40% dari total skor), reputasi dengan pemberi kerja (10%), rasio fakultas / mahasiswa (20%), tingkat artikel yang dikutip / dosen ( 20%), rasio dosen internasional (5%) dan mahasiswa internasional (5%). Skor evaluasi ini kemudian dikonversi ke skala 100.

Di bawah ini adalah peringkat 10 teratas perguruan tinggi terbaik dan top dunia berdasarkan kriteria di atas:

1. Institut Teknologi Massachusetts – MIT (AS)

Skor ulasan: 100.

Didirikan pada tahun 1861, MIT kini telah tumbuh menjadi lembaga pendidikan “raksasa” dengan sekitar 1.000 anggota fakultas dan lebih dari 11.000 siswa. Sekolah ini terkenal dengan inovasinya di bidang sains dan teknologi.

2. Universitas Stanford (AS)

Skor ulasan: 98,4.

Didirikan pada tahun 1885, universitas tersebut saat ini merupakan salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat dengan 18 lembaga penelitian interdisipliner dan 7 sekolah anggota. Sekolah ini dikenal sebagai tempat kelahiran miliarder dunia dan merupakan “rumah” dari 83 pemenang Hadiah Nobel.

3. Universitas Harvard (AS)

Skor ulasan: 97,4.

Universitas Harvard, didirikan pada tahun 1636, adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat, dengan latar belakang akademik paling berpengaruh, dan bergengsi di Amerika. Saat ini, ada lebih dari 23.000 siswa yang mengenyam pendidikan di sekolah ini.

Baca juga  Polisi akan Tindak Oknum Aparat yang Represif kepada Mahasiswa

4. University of Oxford (Inggris)

Skor ulasan: 97,2.

Oxford juga dianggap sebagai salah satu universitas tertua di dunia. Meskipun tanggal pasti pembentukannya tidak diketahui, diyakini bahwa awal pengajaran telah terjadi di sini sejak abad ke-11. Saat ini, universitas Oxford memiliki hampir 21.000 mahasiswa sarjana dan pascasarjana, 40% di antaranya adalah mahasiswa internasional. .

5. Institut Teknologi California – Caltech (AS)

Skor ulasan: 96,9.

Didirikan pada tahun 1891 sebagai sekolah kejuruan, Caltech sekarang adalah salah satu universitas terkemuka dunia yang berfokus pada mata pelajaran STEM. Sekolah ini berukuran kecil, dengan lebih dari 2.200 siswa tetapi memiliki hingga 1.000 dosen.

6. Institut Teknologi Federal Swiss – ETH Zurich (Swiss)

Skor ulasan: 95,9.

ETH Zurich adalah satu-satunya universitas di 10 besar yang bukan milik Inggris atau Amerika Serikat. Kurikulum sekolah di sini adalah kombinasi dari teori dan aplikasi praktis; Sebagian besar program gelar berbasis matematika. Saat ini, sekolah tersebut memiliki lebih dari 18.000 siswa.

Baca juga  Dua Mahasiswa Unsri Tewas Saat Ikuti Diksar Kepemimpinan BEM

7. Cambrigde University (Inggris Raya)

Skor ulasan: 95.

Universitas Cambrige, didirikan pada 1209, adalah universitas tertua keempat di dunia. Selain fakultas dan institut akademik, sekolah ini juga memiliki 100 perpustakaan dengan sekitar 15 juta buku, 9 museum seni, sains dan budaya.

8. University College London – UCL (Inggris Raya)

Skor ulasan: 94,8.

UCL dinilai sebagai universitas multidisiplin terkemuka di dunia, dengan reputasinya yang bagus dalam bidang pelatihan dari mulai Kedokteran, Astrofisika hingga Hukum dan Bahasa. Saat ini, sekolah tersebut memiliki hampir 33.000 siswa, setengahnya adalah siswa internasional dari 150 negara.

9. Imperial College London (Inggris Raya)

Skor ulasan: 94.1.

Dianggap sebagai sekolah “unik” di Inggris karena hanya berfokus pada sains, teknik, kedokteran dan bisnis. Universitas ini juga mendapat peringkat sebagai “universitas internasional paling top” berkat 59% populasi mahasiswa adalah non-warganya atau siswa internasional.

10. University of Chicago (USA)

Skor ulasan: 92.

Didirikan pada tahun 1856, University of Chicago secara teratur muncul di 10 besar peringkat universitas dunia. Sekolah ini sekarang memiliki lebih dari 400 klub dengan lebih dari 14.000 siswa yang terdaftar saat ini. (vv)