oleh

10 Penyebab Kemiskinan Yang Sering Terjadi di Berbagai Negara

SUARADEWAN.com — Kemiskinan masih menjadi masalah utama di berbagai negara. Biasanya, kondisi ini banyak ditemui di negara-negara berkembang. Di mana sebagian masyarakatnya masih belum mempunyai kelayakan tempat tinggal, akses pendidikan yang belum terpenuhi secara menyeluruh, hingga banyaknya penduduk yang belum memiliki pekerjaan.

Beberapa hal tersebut, memang menjadi salah satu penyebab kemiskinan yang sering terjadi di berbagai negara. Jika masalah kemiskinan tersebut tidak segera dituntaskan, maka kualitas kehidupan masyarakat dapat semakin menurun. Dengan begitu, tidak heran jika kemiskinan menjadi masalah utama yang menjadi fokus pemerintah di berbagai negara, terutama negara berkembang.

Dalam mengatasi masalah kemiskinan, pemerintah maupun masyarakat harus memahami terlebih dahulu hal apa saja yang menjadi penyebab kemiskinan. Penyebab kemiskinan ini pun tidak hanya berasal dari beberapa alasan yang telah disebutkan di atas. Melainkan juga mendapatkan pengaruh dari beberapa hal lain. Mulai dari kualitas kesehatan yang buruk, terjadinya konflik atau kerusuhan, hingga pengaruh dari perubahan iklim yang terjadi.

Dengan memahami beberapa penyebab kemiskinan tersebut, berguna untuk membantu menemukan akar permasalahan yang terjadi. Selain itu, juga dapat membantu menyusun rencana yang baik dan tepat sasaran untuk mengentaskan masalah kemiskinan. Dilansir dari laman Human Right Careers, berikut kami telah merangkum beberapa penyebab kemiskinan secara mendasar yang perlu diketahui.

Kurangnya Lapangan Pekerjaan

Penyebab kemiskinan yang pertama tentu berasal dari kurangnya lapangan pekerjaan. Seperti diketahui, orang yang tidak memiliki pekerjaan yang baik dan tetap, tentu tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jika kondisi ini dialami oleh sebagian besar penduduk di suatu negara, dapat dipastikan negara tersebut memiliki masalah kemiskinan yang cukup besar.

Dengan begitu, pemerintah di setiap negara harus dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang luas. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan tetap, sebagai sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, masyarakat juga perlu inovatif dalam membantu meningkatkan ekonomi. Bisa dengan melakukan bisnis atau usaha kecil hingga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lain.

Kurangnya Pendidikan

Penyebab kemiskinan kedua yang perlu diperhatikan adalah kurangnya pendidikan. Dalam hal ini, jelas pendidikan memiliki peranan penting dalam masalah kemiskinan. Di mana, tanpa pendidikan orang tidak dapat memperbaiki kondisi kemiskinan yang mereka alami. Sebaliknya, orang yang memiliki pedidikan yang cukup atau setidaknya mempunyai kemampuan dasar membaca, maka masalah kemiskinan dapat lebih mudah diatasi.

Baca juga  Sosiolog: Fenomena Miras Oplosan Merupakan Gejala Depresi Sosial

Namun harus diakui, pada sebagian masyarakat anak-anak tidak sekolah dan harus bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya. Selain itu, masalah pendidikan yang menjadi penyebab kemiskinan ini juga bisa datang dari faktor minimnya akses sekolah yang dekat, hingga anak perempuan yang mendapatkan diskriminasi atas pendidikan.

Terjadinya Konflik atau Kerusuhan

Terjadinya konflik atau kerusuhan di suatu negara juga menjadi salah satu dari penyebab kemiskinan. Pada kondisi negara yang berkonflik atau terjadi kerusuhan, secara otomatis produktivitas masyarakat akan menurun. Akibatnya pendapatan negara akan turun drastis. Hal ini pun dapat mempengaruhi harga barang-barang kebutuhan yang akan semakin meningkat.

Selain itu, kondisi yang tidak aman membuat masyarakat tidak nyaman tinggal di daerah atau negara tersebut. Di samping itu, dengan kondisi yang semakin sulit akan secara umum akan mendorong perempuan untuk bekerja mencari nafkah. Situasi pun semakin sulit saat saat mereka menghadapi banyak hambatan seperti kekerasan seksual dan diskriminasi.

Pengaruh Perubahan Iklim

Penyebab kemiskinan selanjutnya juga bisa mendapatkan pengaruh dari perubahan iklim. Dalam hal ini, perubahan iklim dapat menyebabkan berbagai bencana alam. Mulai dari banjir, badai angin, hingga kekeringan.

Hal ini pun membuat situasi kehidupan masyarakat menjadi tidak menentu. Untuk memulihkan kondisi saat bencana pun bukan perkara yang mudah. Sehingga dapat dikatakan perubahan iklim menjadi penyebab kemiskinan yang sulit untuk dikendalikan.

Ketidakadilan Sosial

Penyebab kemiskinan berikutnya bisa dipengaruhi oleh adanya ketidakadilan sosial. Orang-orang yang mendapatkan diskriminasi dan ketidakadilan sosial akan berjuang lebih keras untuk pendidikan yang baik, kesempatan kerja yang tepat dan layak, serta akses sumber daya yang memadai.

Kondisi ini pun masih kerap terjadi di masyarakat, khususnya bagi kelompok wanita, minoritas agama, serta minoritas ras di suatu negara.

Kurangnya Sumber Daya Air dan Makanan

Kurangnya sumber daya air dan makanan juga perperan penting sebagai salah satu penyebab kemiskinan. Dalam hal ini, sumber daya air dan makanan menjadi kebutuhan mendasar yang diperlukan oleh setiap masyarakat.

Dengan begitu, jika hal ini sulit diapatkan maka dapat dipastikan kehidupan masyarakat tersebut jauh dari kata layak. Di mana mereka tidak memiliki energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Hingga rentan terserang berbagai penyakit akibat kurangnya asupan makanan, air, dan sanitasi yang baik.

Baca juga  Kwik Kian Gie: Kemiskinan Sudah Melampaui Batas Kemanusiaan

Minimnya Infrastruktur

Penyebab kemiskinan yang tidak kalah penting adalah minimnya infrastruktur. Infrastruktur di sini meliputi jalan, jembatan, internet, transportasi umum, dan berbagai layanan publik lainnya. Dengan ketersediaan dan akses infrastruktur yang baik, masyarakat bisa lebih mudah dalam membeli kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan akses transportasi umum yang cukup, masyarakat bisa mencari pekerjaan yang layak. Sebaliknya, masyarakat yang tidak memiliki akses tersebut akan terisolasi dan sulit untuk meningkatkan taraf hidup lebih baik.

Kurangnya Dukungan Pemerintah

Penyebab kemiskinan juga bisa datang dari kurangnya dukungan pemerintah. Dalam hal ini pemerintah sebagai pihak yang memiliki kekuasaan, harus bersedia mendukung dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat miskin atau tidak mampu.

Pemerintah juga harus memikirkan solusi untuk mengentaskan masalah kemiskinan yang ada dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan baik. Tanpa adanya pemerintah yang suportif, maka masalah kemiskinan tidak dapat terselesaikan.

Kualitas Kesehatan yang Belum Baik

Kualitas kesehatan yang tidak memadai juga termasuk salah satu penyebab kemiskinan secara mendasar. Dalam hal ini jelas, akses layanan kesehatan yang sulit da mahal menjadi masalah utama bagi masyarakat ekonomi rendah.

Di mana masyarakat tidak memiliki cukup uang untuk membayar jasa dokter atau membeli obat ketika sakit. Mereka pun akan terus sakit dan sulit melakukan pekerjaan. Akibatnya, pendapatan akan menurun sehingga kebutuhan sehari-hari tidak dapat tercukupi dengan baik.

Harga Kebutuhan Tinggi

Penyebab kemiskinan yang terakhir tidak lain adalah harga kebutuhan barang-barang pokok yang melambung tinggi. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa sebagian besar masyarakat keluarga miskin menghabiskan 60–80 persen dari penghasilannya untuk mencukupi kebutuhan makanan.

Sehingga ketika harga bahan makan melambung tinggi, mereka harus memotong pengeluaran untuk kebutuhan lainnya dan dialihkan ke konsumsi makanan. Dengan begitu, pemerintah harus berusaha untuk menstabilkan harga barang-barang pokok agar seluruh masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah. (mer)

Komentar