oleh

10 Bulan Bekerja, Satgas Saber Pungli Berhasil Lakukan Seribu Kali Tangkapan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Langkah pemerintah Joko Widodo (Jokowi) dalam memberantas Pungutan Liar (Pungli) telah terlihat hasilnya selama 10 bulan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) dibentuk.

Lembaga yang berada di bawah kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan ini sejak dibentuk pada 2016 lalu telah melakukan seribu kali tangkapan tangan oknum yang melakukan praktek pungli.

banner 1280x904

Sebanyak Rp 316 miliar disita dari seribu tangkap tangan tersebut. “Sejak 10 bulan kita bekerja, hasil tangkap tangan tersebut telah diproses. Baik dalam penyelidikan, penyidikan, penuntutan, adapula yang sudah vonis,” kata Kepala Satgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatno di Senayan, Jakarta, Minggu (17/9).

Baca juga  Menkumham Yasonna Laoly Tanggapi Soal Pungli di Instansinya

Baca juga: Praktik Pungli Akibat Penyalahgunaan Wewenang

Dwi menjelaskan tugas tim ini bukan hanya soal penindakan, tapi juga terkait dengan laporan pemerasan hingga pencucian uang yang dilakukan oknum pejabat pemerintahan.

“Beberapa kasus menunjukkan Masih ada pungli di bidang pendidikan, pelayanan publik, perizinan, hingga kepegawaian,” kata Dwi.

Baca juga  Sanksi Tegas Bagi Oknum yang Melakukan Pungli

Oleh karenanya, Dwi juga berharap masyarakat bisa terlibat dalam membantu pemerintah berupa melaporkan ke pihak berwenang jika ada oknum melakukan praktek pungli.

“Caranya mudah, bisa lapor lewat call center 193. Bila ada pelayanan publik tidal benar, masyarakat agar melapor,” pinta Dwi. (AW)

Komentar