10 Artis Ini Pernah Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

10 Artis Ini Pernah Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Tips Bugar 20 Selebriti dengan Tubuh Terseksi
Fachri Albar Ajukan Permohonan Rehabilitasi
Marsha Timothy Raih Aktris Terbaik Kalahkan Nicole Kidman di Sitges International Fantastic Film Festival

SUARADEWAN.com – Skripsi memang benar-benar ujian bagi seorang mahasiswa. Bagaimana tidak, skripsi membawa beban mental tersendiri. Bahkan, menentukan judulnya saja sudah bikin kepala pening.

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Ada banyak ide yang bisa dipilih sebagai topik utama dalam pembahasan tugas akhir bagi para mahasiswa. Apapun bisa diangkat untuk diteliti dan dituangkan dalam laporan akhir masa perkuliahan tersebut. Bahkan, sosok-sosok artis sekalipun bisa menjadi objek utama.

Seperti berikut ini, 10 Artis yang pernah menjadi objek skripsi mahasiswa:

Inul Daratista

Penyanyi dangdut Inul Daratista cukup laris dalam judul tugas akhir sejumlah mahasiswa. Ada satu skripsi terkait ilmu komunikasi dan satu tesis jurusan manajemen di UGM yang memilih artis yang terkenal dengan goyang ngebornya jadi objek kajiannya. Sedang satu lagi adalah skripsi dari mahasiswa sastra USU Medan.

Inul Daratista

Agnez Mo

Mantan artis cilik yang kini sudah go international dengan nama panggung Agnez Mo ini juga banyak dipilih mahassiwa. Setidaknya nama Agnez Monica ditemukan di tiga skripsi milik mahasiswa UGM. Dua diantaranya membahas topik brand endorser dan brand ambassador yang biasanya adalah kajian jurusan illmu komunikasi.

Agnez Mo

Ayu Ting Ting

Baca juga  Kalangan Artis Jadi Sasaran Empuk Pengedar Narkoba

Penyanyi dangdut sekaligus presenter dan bintang iklan yang tengah naik daun ini juga bisa jadi inspirasi seorang mahasiswa untuk judul skripsinya. Mahasiswa dari STIE MDP memilih judul Pengaruh Selebrity Endorser Ayu Ting Ting dalam iklan televisi terhadap brand image produk mie sarimi.

Ayu Ting Ting

Luna Maya, Cut Tari dan Ariel Peterpen

Seorang Mahasiswi di Universitas Sumatera Utara menjadikan Luna Maya sebagai objek penelitian skripsinya, topiknya masih terkait brand image pada sebuah iklan.

Luna Maya

Selain itu mahasiswi universitas negeri semarang pernah menulis skripsi tentang pemberitaan kasus pornografi yang melibatkan artis cantik ini dengan mantan pacarnya Ariel Noah dan Cut Tari.

Cut Tari, Ariel, Luna Maya

Maudy Ayunda

Lagi-lagi masih terkait dengan brand image dalam skripsi salah seorang mahasiswa, namun mahasiswa fakultas ilmu komunikasi bidang studi marketing communication Universitas Mercubuana memilih penyanyi muda Maudy Ayunda yang diidolakan banyak remaja sebagai bahan pembahasan dalam laporan akhirnya yang disusun pada tahun 2015.

Maudy Ayunda

Raisa Andriana

Pelantun lagu hits ‘could it be’ ini pun tak luput dari objek kajian mahasiswa untuk tugas akhir sarjana. Salah satunya  pada skripsi seorang mahasiswa Universitas Mercubuana, namun topiknya bukan tentang brand image melainkan analisis wacana terhadap sebuah program komedi salah satu televisi swasta yang melibatkan Raisa.

Raisa

JKT 48

JKT 48

Salah seorang mahasiswi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang telah memilh JKT 48 sebagai objek kajian skripsinya terkait topik brand ambassador. Selain itu masih ada lagi enam judul skripsi maupun tesis yang dibuat oleh Mahasiswa UGM yang melibatkan nama group girlband remaja yang punya banyak fans.

Baca juga  Banyak Artis Terjerat Narkoba, BNN: Itu Gaya Hidup Mereka

Sandra Dewi

Sandra Dewi

Skripsi salah seorang mahasiswa UGM masih juga terkait pengaruh popularitas seorang artis terhadap suatu produk tertentu. Namun, sang mahasiswa ini lebih tertarik dengan popularitasnya Sandra Dewi yang memang terkenal cantik dikaitkan pada persoalan endorse ketika dia menjadi bintang iklan produk kecantikan.

Sherina Munaf

Sherina

Nama sherina juga  pernah menjadi objek penelitian dalam skripsi yang masih terkait dengan pengaruh seorang artis terkait dengan brand image sebuah produk. Tugas akhir ini ditulis oleh salah seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani menjadi satu-satunya artis cowok dalam pembahasan kali ini. Musisi senior ini setidaknya ada dua tugas akhir yang menjadikannya sebagai objek penelitian. Keduanya terkait dengan lagu karya pentolan group band Dewa ini ditulis oleh mahasiswa UGM berupa skripsi, sedang satunya lagu berupa tesis S2.

Cupilikan Gambarnya:

  • Inul Daratista

COMMENTS