Waspada Provokator, Oknum Tidak Bertanggungjawab Sebar Fitnah Pembakaran Alkitab di Jayapura

SHARE:

Waspada Provokator, Oknum Tidak Bertanggungjawab Sebar Fitnah Pembakaran Alkitab di Jayapura
Kapolda Papua, Irjel Pol Boy Rafli Amar.
Uji Materi UU Pemilu Berpotensi Ganggu Tahapan dan Buka Peluang Sengketa Hasil Pemilu 2019
Selain Cantik, 7 Wanita Muslim Ini Dinobatkan Sebagai Wanita Terkaya di Dunia
Darurat Narkoba, Jokowi Meminta Agar Pengedar Narkoba Ditembak, Begini Syaratnya

JAYAPURA, SUARADEWAN.com – Oknum tidak bertanggungjawab menyebarkan fitnah mengenai isu pembakaran Al-kitab saat personel TNI melaksanakan korvei di mess yang ditinggalkan oleh pasukan sebelumnya di Jayapura, Papua.

Akibat fitnah itu, lalu muncul kericuhan oleh sekelompok massa yang merasa kitab sucinya benar sudah dibakar dengan memblokir jalan raya Abepura-Sentani, Jayapura, Papua, pada Kamis (25/5) siang.

Aksi ini mengakibatkan Kapolres Jayapura Kota, AKBP Tober Sirait dan ajudannya Bripda Nyoman, terluka dan terpaksa dilarikan ke UGD Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua.

Baca juga  Boy Rafli: Surat Penundaan Sidang Ahok Murni keamanan Bukan Alasan Politis

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar melalui Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto menjelaskan, peristiwa itu terjadi karena ada orang tidakbertanggungjawab yang menyebarkan isu telah terjadi pembakaran Alkitab oleh oknum TNI.

Bukan Alkitab yang dibakar, melainkan buku berjudul Asal Usul Agama-Agama karya Thomas Hwang.

“Jadi begini, ada tumpukan kertas di bak sampah kemudian dibakar. Nah diisukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab kalau itu tumpukan bukunya Alkitab,” ujar Boy dalam keterangannya, Kamis (25/5).

Baca juga  Berikut Identitas 4 Anggota Teroris Tuban

Saat kejadian itu, lanjut Boy, Kapolres Jayapura Kota bersama personel Polres Jayapura Kota datang ke TKP di Makorem 172 Prajawirayapti untuk melakukan pengamanan. Namun, setelah sampai disana, Kapolres dan ajudannya malah dilempari dan dikeroyok oleh massa.

“Ada beberapa anggota Polri dan masyarakat yang mengenali Kapolres Jayapura Kota dan ajudannya berupaya melindungi dan menyelamatkan keduanya dengan membawa ke mobil untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua,” papar Boy. (za/de)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS