Waspada! Narkoba Flakka Jauh Lebih Berbahaya dari Heroin

SHARE:

Waspada! Narkoba Flakka Jauh Lebih Berbahaya dari Heroin
Ilustrasi
Fachri Albar Ajukan Permohonan Rehabilitasi
Dibantu Kepolisian China, BNN Ungkap Gudang Sabu di Muara Karang
Kapolri : Warning Untuk Bandar Narkoba Asing yang Sasar Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Masyarakat harus mewaspadai narkoba jenis baru yang bernama Flakka. Pasalnya, narkoba ini memiliki kandungan yang 100 kali lipat lebih kuat daripada heroin.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Sulistiandriatmoko, Minggu (28/5).

“Ada kandungan zat aktif yang mengancam dan harus diwaspadai adalah fentanyl derifat, yang memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dari pada morfin atau 100 kali lebih kuat dari pada heroin,” katanya.

Baca juga  Begini Kronologis Penangkapan Bandar Narkoba di Diskotek Illegals

Menurut Sulistian, zat tersebut telah dikaji pada tanggal 15-16 Mei 2017 lalu dan sudah diajukan ke Kemenkes RI untuk dimasukkan sebagai Golongan I dalam Lampiran UU Narkotika (UU 35/2009).

Namun hingga saat ini BNN belum pernah mengungkapkan kasus itu dan juga belum pernah ada laporan yang masuk mengengai rehabilitasi orang yang kecanduan Flakka.

Baca juga  BNN Sita Puluhan Ribu Pil Ekstasi dari Kurir Narkoba Jaringan Malaysia - Sumut

“Data di BNN belum pernah mengungkap kasus tersebut, juga belum pernah ada yang mendatangi lembaga rehabilitasi karena kecanduan Flakka,” tukasnya.

Sulistian mengatakan saat ini Flakka sudah diatur dengan Peraturan Menteri Kesehatan no 2 tahun 2017 dengan nama kimia alfa PVP. (za/tr)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS