Video: Kejahatan Jenis Baru, ‘Tuyul’ Curi Uang Nasabah di ATM

SHARE:

Video: Kejahatan Jenis Baru, ‘Tuyul’ Curi Uang Nasabah di ATM
Ditegur Saat Main HP di Kelas, Murid Pukul Guru dengan Kursi
Ini Dia Ekspresi Wajah Dawiyah Dan Kakaknya Saat Tertangkap BNN
Kerap Diintimidasi, Dua Pegawai Pembuat Kasur Bunuh Rekan Kerjanya

MAKASSAR, SUARADEWAN.com — Kepada seluruh pengguna kartu Anjungan Tunai Mandiri atau ATM, waspadalah. Sebab ada kejahatan jenis baru yang mengincar Anda, saat berada di mesin penarikan uang.

Kejahatan jenis baru ini terbongkar di Makassar, Sulawesi Selatan. Modusnya ialah berpura-pura menawarkan barang kepada siapa saja yang sedang menarik uang tunai di mesin ATM.

Dan, yang paling mengerikan, pelakunya bukan orang dewasa, tapi melainkan anak-anak kecil berjenis kelamin perempuan.

Aksi anak-anak yang dijuluki ‘Tuyul ATM’ ini, pertama kali diketahui dari hasil rekaman CCTV mesin ATM Bank Mandiri yang berada di ATM Center depan Pesantren IMMIM Jalan Perintis Kemerdekaan.

Tuyul ATM ini sudah ditangkap, keduanya masing-masing berinisial WE (11 tahun) dan RS (9 tahun). Seperti dikutip dari situs resmi Polres Kota Besar Makassar, Jumat, 27 April 2018, mereka sudah diamankan di Markas Polsek Tamalanrea.

“Modus dari kedua tersangka, dengan berpura-pura menawarkan barang kepada nasabah ATM sehingga nasabah tidak fokus dan dimanfaatkan oleh pelaku untuk menekan nominal uang dan terjadi transaksi lanjutkan, sehingga pada saat korban keluar dari ATM, korban mengambil uang tersebut,” kata Kapolsek Tamalanrea, Kompol Syamsul Bachtiar.

Baca juga  Ikuti Pelatihan, Tujuh Satpol PP Wanita Alami Pelecehan Seksual

Dari rekaman CCTV yang telah tersebar luas di media sosial, terlihat bagaimana kedua anak itu mengelabui nasabah dan mencuri uangnya di mesin ATM, dengan cara yang sangat rapi.

Awalnya, kedua pelaku masuk ke bilik ATM center, lalu menawarkan barang ke dua nasabah yang sedang menarik uang tunai di ATM Bank Mandiri.

Dari rekaman terlihat keduanya begitu gigih menjajakan barangnya. Tanpa disadari oleh korbannya, sebenarnya mereka sedang terus berusaha mengalihkan perhatian si nasabah, selama melakukan transaksi penarikan uang.

Lalu, saat nasabah lengah, karena harus menarik uang tunai yang keluar dari mesin, Tuyul ATM langsung mendekati mesin, dan dengan santainya salah satu tangannya memencet tombol nominal uang, sebagai transaksi berlanjut.

Baca juga  Polri Sebut Perampokan Bersenjata Ganggu Psikologis Masyarakat

Semua itu benar-benar tak disadari nasabah. Anehnya, ada dua nasabah sekaligus di satu area yang sedang diperdayai.

Setelah menarik uangnya, kedua nasabah lalu mengakhiri transaksi dan mengambil kartu ATM nya. Lagi-lagi, tanpa disadari bahwa ternyata transaksi mereka belum tuntas. Karena bocah itu sempat memencet tombol nominal.

Tak berapa lama kemudian, uang tunai milik korban keluar dari mesin. Dan dengan santainya kedua bocah mengambil uang itu, dan pergi. (one)

Lihat videonya berikut:

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS