Tersangka Pemalsu Surat Presiden Berhasil Dibekuk Polisi

SHARE:

Tersangka Pemalsu Surat Presiden Berhasil Dibekuk Polisi
Gila! Transaksi Narkoba di Bogor Mencapai Rp 1,5 Milyar perhari
Pendaftar Program OK OCE Telah Capai 4.230 Orang
Ketua Umum Parpol Penentu Keputusan Pengesahan RUU Penyelenggaraan Pemilu

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dua tersangka pemalsu surat Presiden Joko Widodo berhasil dibekuk Kepolisian Subdirektrot Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya, Selasa (25/7).

Tersangka yang diketahui bernama Souleymane (46), dan Daniel Douglas (31) diketahui merupakan jaringan penipu internasional. “Mereka bisa dikatakan sebagai BEC, business e-mail compromise,” ujar Roberto Pasaribu di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (25/7).

Baca juga  Polisi Tetapkan Adik Bos First Travel Kiki Hasibuan Sebagai Tersangka

adapun jaringan ini memiliki pimpinan yang diketahui berada di Filipina dan Malaysia.

“Modusnya ada yang mengaku sebagai suatu perusahaan. Jadi mereka itu meretas semua sistem e-mail yang ada. Jadi sudah target,” lanjut Roberto.

Selain Kaba dan Daniel, Polisi juga berhasil menangkap seorang wanita bernama Ria Situmorang (26). Peran Ria adalah sebagai peran pendukung dalam jaringan penipuan international ini.

Baca juga  Polisi Tetapkan Adik Bos First Travel Kiki Hasibuan Sebagai Tersangka

Atas ulahnya ini, ketiga tersangka ini dijerat Pasal 263 dan atau Pasal 264 dan atau Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan atau Pasal 35 juncto Pasal 51 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (aw/te)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS