Terorisme Muncul Akibat Ketimpangan Ekonomi

SHARE:

Terorisme Muncul Akibat Ketimpangan Ekonomi
Ilustrasi
Harta Kekayaan 42 Orang Milyuner Mampu Atasi Kemiskinan Secara Global
5 Orang Ini Jadi Kaya Mendadak Setelah Sukses Temukan Harta Karun
Konferensi International SKSG UI: Terorisme, Antitesis Peradaban Modern Umat Manusia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Dipo Ilham menuturkan, faktor ekonomi dan rendahnya kesejahteraan adalah faktor besar penyebab munculnya terorisme di tengah masyarakat.

Akibat tidak tahan dengan penderitaan itu, menurut Dipo, maka sebagian orang gelap mata dan melampiaskan kekecewaannya melalui jalan radikal seperti melakukan aksi teror.

“Ketimpangan ekonomi, dan kesenjangan sosial berakibat pada kemiskinan masyarakat. Sehingga dengan kondisi tersebut seseorang bisa memilih jalan radikal, dan terorisme tanpa mempedulikan lagi jatuhnya korban tidak berdosa,” kata Dipo pada Wartawan, Minggu (28/5).

Baca juga  Perangi Teroris dan Ekstrimis, Sejumlah Media Sosial Bentuk Forum Internet Global

Menurut Dipo, kondisi seperti ini tidak boleh dibiarakan dan harus segera dicari penyelesaiannya yang efektif. Ketika penyebab aksi radilkal ini adalah ekonomi, maka jalan penyelesaiannya adalah dengan meningkatkan kesejahteraan dan meminimalisir kesejangan masyarakat.

Baca juga  Tolak Radikalisme dan Terorisme, PB PMII Gelar Aksi di Tiga Lokasi di Jakarta

Untuk itu Dipo mengimbau Pemerintah supaya bergerak cepat menjaga kestabilan ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan yang luas yang bisa menjamin kesejahteraan masyarakat.

“Akar dari permasalahan ini adalah karena kemiskinan. Untuk itu perlu ada solusi seperti penyediaan lapangan pekerjaan yang lebih luas, program pembinaan usaha, atau pelatihan keterampilan, dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (za/tr)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS