Terkait Korupsi Nazaruddin, KPK Dituding Menyelamatkan Ibas

SHARE:

Terkait Korupsi Nazaruddin, KPK Dituding Menyelamatkan Ibas
KPK Terima 10 Nama Calon Pengganti Heru Winarko
Ini Tanggapan KPK Soal Rencana Pansus yang Ingin Menemui Koruptor di Lapas
Muncul Isu SBY dan Prabowo Ingin Jegal Presiden Jokowi, Begini Kata Setnov

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan anak buah Muhammad Nazaruddin, Yulianis, mengatakan bahwa putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, punya kedekatan khusus dengan mantan komisioner Abraham Samad dan Bambang Widjayanto.

Kedekatan personal tersebut, menurut Yulianis, menjadikan Ibas tidak pernah tersentuh (diperiksa) oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan penerimaan uang dari Nazaruddin.

“Samad dan bambang pernah menyampaikan bahwa Ibas merupakan ‘teman’,” kata Yulianis saat dipanggil Pansus Hak Angket KPK, Senin (24/7/2017).

Baca juga  Hak Angket DPR untuk KPK Dinilai Cacat dan Tak Bermanfaat

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, faktor kedekatan pimpinan dengan oknum tertentu tidak akan pernah membuat lembaga antirasuah tersebut terpengaruh dalam menangani suatu perkara.

“Karena ada sitem yang memastikan saling kroscek di KPK,” ujar Febri di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Tudingan tersebut pun, menurut Febri, tidak akan berpengaruh pula bagi eksistensi KPK.

“Tuduhan-tuduhan seperti ini sudah sering terjadi. Di tengah hal tersebut, kami tetap bekerja menangani kasus-kasus yang berawal dari Wisma Atlet tersebut,” lanjut Febri.

Baca juga  Enam LSM Pegiat Anti Korupsi Laporkan Fahri Hamzah ke KPK

Lagipula, tambahnya, tudingan Yulianis perlu diuji kembali kebenarannya.

“Kalau menyimak pernyataan kemarin, kami menilai hal tersebut lebih pada dugaan dan kecurigaan karena sejumlah hal. Karenanya, perlu diuji kebenarannya kembali,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Yulianis merupakan saksi penting dalam penanganan kasus yang terkait dengan Nazaruddin. Pasalnya, perempuan yang kini bercadar itu memegang catatan keuangan Permai Group, perusahaan milik Nazaruddin.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS