Sebagian Anggota ISIS yang Serbu Marawi Fillipina Orang Indonesia

SHARE:

Sebagian Anggota ISIS yang Serbu Marawi Fillipina Orang Indonesia
Ilustrasi
Waspada, Dana ISIS Terdeteksi Sudah Masuk ke Indonesia
Maklumat FPI: Mendukung ISIS dan Penegakan Khilafah Islamiyah di Indonesia

FILLIPINA, SUARADEWAN.com – Penyerbuan kota Marawi di Fillipina ternyata tidak hanya dilakukan oleh kelompok teror ISIS yang berasal dari Fillipina, melainkan juga berasal dari negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Hal itu diungkapkan Jaksa Agung Fillipina, Jose Calida, di kota Davao pada Jumat (26/5). Menurut Jose, saat ini sulit untuk mengatakan penyerbuan itu dilakukan oleh warga Fillipina, mengingat banyaknya jumlah orang asing yang terlibat dalam aksi teror tersebut.

“Apa yang terjadi di Mindanao bukan lagi pemberontakan oleh warga Filipina. Peristiwa itu sudah berubah menjadi invasi orang-orang asing,” kata Jose.

Ia mengatakan, orang-orang asing itu mendapat panggilan dari ISIS untuk berangkat ke Mindanao dan mendirikan sebuah wilayat atau provinsi ISIS jika mereka tak bisa berperang di Irak atau Suriah.

Sementara itu, juru bicara militer Filipina, Brigadir Jenderal Rastituto Padilla mengatakan, pada Jumat (26/5) ini sudah diketahui enam orang dari kelompok teror tersebut yang tewas dalam pertempuran di Marawi. Mereka berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lain.

Sebagaimana diketahui, pertempuran antara ISIS dan pasukan keamanan Fillipina itu pecah pada Selasa (22/5) malam, karena kelompok teror itu menentang rencana pengangkapan pimpinan mereka, Isnilon Hapilon, oleh pihak keamanan.

Hingga saat ini diketahui sudah ada 11 tentara, 2 polisi, dan 31 orang kelompok teroris ISIS yang tewas dalam pertempuran. (za/tr)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow