Rizieq Terjerat Banyak Kasus, Ketua FPI Daftar Jadi Komisioner Komnas HAM

SHARE:

Rizieq Terjerat Banyak Kasus, Ketua FPI Daftar Jadi Komisioner Komnas HAM
FPI Sebut Mobil Terbakar di Cawang Teror Kepada Rizieq Shihab, Polri: Jangan Gampang Terpancing
Tuntaskan Kasus Teror Novel, Komnas HAM Bentuk Tim Pencari Fakta

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Imam Besar ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, saat ini masih berada di Mekkah, Arab Saudi. Padahal, ia semestinya sudah kembali ke Indonesia untuk diperiksa Polisi terkait kasus chat mesum yang menjerat namanya dan Firza Husein.

Karena merasa ada dugaan kriminalisasi tokoh agama oleh Polisi, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berinisiatif untuk meminta keterangan dari Rizieq Shibab dan tokoh lain seperti Sekjen ormas FUI Muhammad Al-Khathath yang diduga telah dikriminalisasi.

Terkait pengumpulan keterangan dari Komnas HAM itu, Rizieq menolak prosesnya dilakukan di Indonesia. Ia justru meminta komisioner Komnas HAM untuk menemuinya di Arab Saudi.

Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menyatakan siap untuk menemui Imam FPI itu di Mekkah, namun pihaknya mengaku masih terkendala di dana operasional perjalanan yang belum cair.

Sementara itu, ketua FPI Semarang Zainal Abidin alias Zainal Petir, diketahui mendaftar menjadi komisioner Komnas HAM untuk masa bakti 2017-2022. Dari proses seleksi tahap awal Zainal dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahap selanjutnya.

“Alhamdulillah, saya lolos seleksi administrasi dan tertulis. Selanjutnya seleksi dialog publik,” kata Zainal pada wartawan, Senin (15/5) malam.

Sementara itu ada pihak yang menduga pendaftaran Zainal ini terkait dengan upaya mengamankan sejumlah kasus yang sedang menjerat petinggi organisasinya, Rizieq Shihab. Namun Zainal tidak secara tegas membantah dugaan sebagian pihak itu.

“Orang boleh saja mengaitkan pendaftaran saya dengan kasus yang belakangan ini dialami FPI. Tapi saya sebagai warga negara punya hak untuk menjadi pejabat publik,” kata Zaenal.

Ia menuturkan tujuannya mendaftar jadi Komnas HAM untuk menyosialisasikan hak dasar warga. Sebab menurutnya masyarakat harus tahu hak dasar mereka dan pemerintah juga harus sadar serta memenuhi hak dasar itu. (za/me/cn)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow