WP-MagOne-728x90

Qatar Menolak Tuntutan, Arab Saudi Cs Nilai Qatar Akrab Dengan Kelompok Teroris

SHARE:

Qatar Menolak Tuntutan, Arab Saudi Cs Nilai Qatar Akrab Dengan Kelompok Teroris
Pertemuan empat Menteri Luar Negeri negara Arab, Uni Emirat Arab, Bahrain, Arab Saudi dan Mesir di Kairo, 5 Juli 2017. Mereka membahas langkah mereka terhadap Qatar. Khaled Elfiqi, Pool via AP
Pidato Kontroversial Emir Qatar Jadi Pemicu Konflik Arab-Qatar
Komnas HAM Qatar Akan Gugat 3 Negara Arab

KAIRO, SUARADEWAN.com – Qatar telah menyatakan bahwa tuntutan-tuntutan Arab Saudi Cs akan ditolak. Selain tidak realistis, Doha menilai tuntutan-tuntutan itu merupakan bentuk intervensi terhadap kedaulatannya.

Arab Saudi bersama Mesir, Bahrain dan Uni Emirat Arab  telah mengajukan 13 tuntutan kepada Qatar bila negara tersebut ingin lepas dari blokade dan embargo. Tuntutannya antara lain meminta Qatar memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, menutup pangkalan militer Turki, menutup stasiun TV Aljazeerah, serta menghentikan pendanaan untuk kelompok teroris.

Jum’at (7/7) waktu Kairo,  Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain telah merilis pernyataan bersama terkait penolakan Qatar untuk memenuhi 13 tuntutan mereka. Keempat negara tersebut menilai sikap Qatar semakin mencerminkan keakrabannya dengan kelompok teroris.

“Ketegasan Qatar mencerminkan sejauh mana hubungannya dengan organisasi teroris. Pemerintah Qatar juga telah menentang usaha diplomatik untuk menyelesaikan krisis,” ungkap pernyataan keempat negara seperti dilaporkan laman Al Arabiya

Sebulan lalu, Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar. Mereka juga menutup akses darat, laut, serta udara dari dan menuju negara tersebut. 

Hal itu dilakukan karena keempat negara Teluk menuding Qatar menjadi sponsor kelompok teroris. Kendati tuduhan itu telah dibantah Qatar, namun keempat negara tetap memberlakukan blokade dan embargo kepada Doha. (Rep)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow