Protes Perppu Ormas, HTI dkk Akan Layangkan Gugatan ke MK

SHARE:

Protes Perppu Ormas, HTI dkk Akan Layangkan Gugatan ke MK
Juru Bicara HTI, Ismail Yusanto
Membedah Buku Putih ABG: Ada Apa dengan HTI?
Sambut Rizieq Shihab, Masa Tablig Akbar Padati Masjid Baitul Amal
Jelang Aksi 287 Tolak Perppu Ormas, MUI: Jangan Terprovokasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2  Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) menjadi perhatian serius dari Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Pasalnya, keberadaan Perppu Ormas tersebut dinilai sebagai bentuk pelanggaran hukum, di mana terdapat poin peniadaan proses peradilan dalam pembubaran ormas. Hal inilah yang akan digugat oleh HTI dan akan melayangkannya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang sudah pasti Hizbut Tahrir. Ada juga Persis (Persatuan Islam). Ada 17 ormas-lah,” terang Juru Bicara HTI, Ismail Yusanto dalam diskusi mengenai Perppu Ormas di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Baca juga  Peneliti LIPI : Peristiwa Marawi Bisa Terjadi di Indonesia

Menurut Ismail, gugatan tersebut akan dilayangkan HTI dkk pada Senin, 17 Juli 2017 besok. Tetapi keterlibatan Front Pembela Islam (FPI) sebagai salah satu penggugat Perppu Ormas ini belum bisa dipastikan.

“Mungkin iya, karena ada Munarman (Juru Bicara FPI) di sana,” imbuhnya.

Selain peniadaan proses peradilan dalam pembubaran ormas, HTI juga akan mempertanyakan terkait pelanggaran ormas seperti apa yang harus dilarang, yang dianggap mengancam ideologi negara.

Baca juga  Didesak Tolak Perppu Ormas, MK: Kami Tidak Bisa Diintervensi

Pihaknya juga akan mempertanyakan mengenai peringatan tertulis di mana pemerintah, dalam Perppu Ormas, hanya akan memberikan peringatan tersebut satu kali dalam jangka waktu tujuh hari kerja sejak diterbitkannya peringatan.

Di samping akan melayangkan gugatan Perppu Ormas ke MK, HTI dkk sembari juga akan menggelar aksi demontrasi sebagai bentuk protes terhadap Perppu Ormas. Tetapi untuk aksi ini sendiri, belum dijelaskan kapan itu akan digelar. (MS)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS