WP-MagOne-728x90

Prabowo Sentil Soal Presidential Threshold 20 Persen, Jokowi Sindir Balik

SHARE:

Prabowo Sentil Soal Presidential Threshold 20 Persen, Jokowi Sindir Balik
Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Datang Langsung Ke KPU, Prabowo: Target Partai Gerindra Memenangkan Mandat Rakyat Indonesia
Hadapi Jokowi di Pilpres 2019, Koalisi SBY-Prabowo Bakal Jadi Penantang Tangguh

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo menyindir partai politik yang tidak setuju dengan presidential threshold (PT) 20 persen. Padahal, keputusan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan antara partai politik melalui perwakilannya di DPR RI.

Diantara partai penentang PT 20 persen itu adalah Partai Gerindra. Seperti dikatakan ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, penetapan PT 20 persen itu adalah bentuk lelucon politik yang menipu rakyat.

Namun menurut Presiden Joko Widodo, PT 20 persen itu sudah teruji dan sudah diberlakukan sejak 2 kali Pemilihan Presiden sebelumnya. Namun ia mempertanyakan kenapa hal itu baru dipermasalahkan sekarang.

“Kita sudah mengalami dua kali presidential threshold 20 persen sejak pemilu 2009 dan 2014, kenapa dulu tidak ramai,” kata Presiden Jokowi, Jumat (28/7).

Baca juga: Tolak Presidential Threshold, Prabowo Subianto: Lelucon Politik Penipu Rakyat

Menurut Presiden, sistem PT 20 persen ini sudah cocok digunakan dalam konteks perpolitikan di Indonesia yang memiliki banyak partai politik. Sebab, jika PT 0 persen, maka dikhawatirkan akan muncul konflik politik yang tidak produktif di tanah air.

“Saya ingin berikan contoh, kalau nol persen, kemudian satu partai mencalonkan kemudian menang, coba bayangkan nanti di DPR, di parlemen. Kita dulu yang 38 persen saja kan waduh. Ini proses politik yang rakyat harus mengerti,” tukas Presiden.

Meskipun begitu, Presiden Joko Widodo mempersilakan pihak yang tidak setuju dengan PT 20 persen itu untuk menggugat lewat jalur hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK). (za/re)

 

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow