WP-MagOne-728x90

Polisi Tangkap Penyebar Isu Hoax terkait Teror di Mapolda Sumut

SHARE:

Polisi Tangkap Penyebar Isu Hoax terkait Teror di Mapolda Sumut
Komisi III DPR Minta Kepolisian dan BIN Cegah Berita Hoax yang Provokasi Masyarakat
Pernyataan Mahfud MD Soal Hak Angket, Hoax

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pria bernama Surya Hardyanto (31) ditangkap Direktorat Siber Bareskrim Polri karena dugaan menyebarkan isu hoax terkati aksi terorisme yang terjadi di Mapolda Sumatera Utara.

Penangkapan tersebut berawal setelah Surya mengunggah status di akun Facebook-nya yang menyatakan bahwa aksi teror (penusukan polisi) tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan aksi terorisme yang diberitakan di media massa.

Warga Deli Serdang, Sumatera Utara ini pun langsung ditangkap pada Minggu, 2 Juli 2017 malam.

“Pelaku menyebutkan berita bohong bahwa pembunuhan terjadi karena masalah utang piutang dan korban pelaku sama-sama non-muslim,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul, di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Padahal, para pelaku mengaku latar belakang penyerangan ke Mapolda Sumut sebagai aksi teror. Mereka ingin merebut senjata api milik polisi. Pelaku dan korban juga tidak saling kenal sehingga motif utang bisa dikesampingkan.

Menurut keterangan Surya, informasi tersebut ia dapat dari orangtuanya. Hal itu kemudian ia tuliskan di jejaring sosial hingga memaksa pihak kepolisian melakukan penggeledahan untuk mengusutnya.

“Melakukan penggeledahan untuk dapatkan bukti lain guna pengembangan kasus,” kata Martinus.

Atas perbuatannya, Surya pun dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Hingga kini, polisi sendiri masih tengah mendalami kasus Surya ini.(ms)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow