Plagiat, Aliansi Masyarakat Pemerhati Pendidikan dan Anti Plagiat Kecam Muhammad Zamrun Firihu

SHARE:

Plagiat, Aliansi Masyarakat Pemerhati Pendidikan dan Anti Plagiat Kecam Muhammad Zamrun Firihu
Aksi di depan Kemenristek
Warga Tangsel Kembali Temukan Bayi Terbungkus Dalam Kardus
Kritik Presiden AS, Restoran McDonald’s di Ciputat Dilempari Telur
Implementasi Regulasi Kurang Baik, Retribusi Serta Pajak Parkir Belum Maksimal di Tangsel

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sejumlah Aktivis yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pemerhati Pendidikan dan Anti Plagiat mengecam adanya dugaan kuat temuan plagiat, karya ilmiah yang dilakukan oleh bakal calon terpilih Rektor Universitas Haluleo Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., K.Sc.

Koordinator Aksi Baharudin Parni mengatakan, tindakan Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., K.Sc dinilai telah mencederai kewibawaan pendidikan dilingkup perguruan tinggi Universitas Halu Oleo.

“Dugaan kuatnya, dia telah mengutip isi karya ilmiah orang lain yang kemudian diterbitkannya sebagai karya ilmiah. Kami menilai tindakan ini sangat bertentangan dengan peraturan Undang-Undang (UU) yang berlaku di Indonesia,” kata Baharudin Parni, pada Kamis (13/7).

Baca juga  Gara-gara Sejoli Diarak Bugil, Pak RT Nangis-Nangis Minta Dihukum Ringan

Baca juga: Miris, Ketua HMI Tertangkap Basah Melakukan Plagiasi

Bahrudin menambahkan, berdasarkan temuan yang ada, salah satu diantaranya yang berjudul “microwaves enhanced sintering mechanisme in alumina ceramic sintering experiments”, tahun 2016 yang dimuat dalam Contemporary Engineering Sciences.

Baca juga  Genjot Patroli Keliling Di Perumahan Elit Bintaro

Sementara judul karya orang lain yakni microwave annanced diffusion, karya Joe D.Ketz dan Roger D Blake tahun 1991, yang dimuat dalam proceeding of the microwave symposium, acs spring 1991 meeting america ceramic society.

“Untuk itu kami mengecam dugaan plagiat tersebut, serta mendesak komisi X DPR RI dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mengusut dugaan plagiat yang dilakukan oleh Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., K.Sc.,” tandasnya. (fn)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS