Penyebar Video Rasis Ki Gendeng Pamungkas Akan Diperiksa Kondisi Kejiwaannya

SHARE:

Penyebar Video Rasis Ki Gendeng Pamungkas Akan Diperiksa Kondisi Kejiwaannya
Paranormal Ki Gendeng Pamungkas
Bukannya Mendamaikan, Vlog Ustadz Ini Justru Tebar Benci dan Fitnah ke Institusi Polri
Khatib Tebar Benci dalam Khutbah, Jamaah Salat Idul Fitri di Yogyakarta Bubar

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Polisi akhirnya mengamankan paranormal Ki Gendeng Pamungkas atas dugaan penyebarluasan kebencian terhadap ras atau etnis tertentu yang diunggahnya melalui media Youtube.

“Kami amankan tersangka KGP terkait pelanggaran Undang-undang Penghapusan Diskriminasi Ras atau etnis, UU No. 40 Tahun 2008,” kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Wahyu Hadiningrat di Polda Metro Jaya, Rabu (10/5/2017).

Lanjutnya, polisi akan memeriksa kondisi kejiwaan KGP untuk mengetahui lebih lanjut musabab pembuatan video tersebut.

“Saat ini, dia akan diperiksakan ke psikologi untuk melihat kondisi kejiwaannya. Nanti tunggu saja hasilnya,” imbuhnya.

Video yang berdurasi 54 detik yang diunggah pada 2 Mei lalu berisi penghinaan, penghasutan dan kebencian terhadap salah satu ras atau etnis dan diunggahnya sendiri.

Sejauh ini, KGP mengaku sengaja membuat video tersebut untuk menyebarluaskan kebencian terhadap salah satu ras maupun etnis tertentu.

“Berdasarkan keterangan sementara dari tersangka, dia dari dulu sudah melakukan hal seperti ini,” tutur Wahyu.

Guna mendalami kasus tersebut, saat ini polisi masih dalam pengembangan terkait pelanggaran UU ITE. Selain itu, polisi juga masih mendalami mekanisme penyebaran video tersebut melaui digital forensik. Untuk pasal pelanggarannya, yakni UU Penghapusan Diskriminasi RAS atau Etnis.

Saat polisi melakukan penangkapan, dari tangan pelaku polisi menyita sejumlah barang bukti berupa jaket yang digunakan saat merekam dirinya, kaos, stiker yang bertuliskan kebencian, pisau dan senjata airsoft gun.

Untuk senjata airsoft gun, Ki Gendeng mengatakan sudah lama memiliki senjata tersebut, saat ikut keanggotaan klub airsoft gun. Adapun senjata itu sudah tidak berfungsi (rusak) sejak belasan tahun lalu.

“Itu airsoft gun sudah rusak sejak 15 tahun yang lalu. Sudah lama rusak, dulu ikut klub airsoft gun,” katanya. (ms/me)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow