Pemuda Muhammadiyah Dukung Pembubaran HTI

SHARE:

Pemuda Muhammadiyah Dukung Pembubaran HTI
Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahniel Anzar Simanjuntak.
Aksi Long March 112 Diganti Jadi Kegiatan Keagamaan
Membedah Buku Putih ABG: Ada Apa dengan HTI?

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahniel Anzar Simanjuntak menyatakan diri sepakat terhadap kebijakan pemerintah untuk menertibkan ormas-ormas yang terbukti menentang Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ormas manapun, mau ormas agama atau tidak beragama, kalau dia tidak menerima kesepakatan kita bersama sebagai Pancasila, NKRI, kebhinekaan, itu ya mereka pantas dibubarkan,” kata Dahniel di sela kegiatan Apel Menggembirakan Kebangsaan dan Kesiapsiagaan Bencana Nasional di halaman GOR Tri Dharma Petrokimia, Gresik, Jawa Timur, Minggu (7/5/2017).

Terkait proses pembubaran, lanjut Dahniel, tidak boleh dilakukan secara gegabah. Harus berdasar dan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

“Harus ada alasan legal untuk membubarkan mereka,” tuturnya.

Turut mendukung, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan juga menyatakan hal yang sama. Bahwa pembubaran ormas yang terbukti menyimpang dan bertentangan dengan ke-Indonesia-an, pemerintah yang mempunyai legalitas untuk membubarkan.

“Kalau soal pembubaran itu kita sesuaikan dengan undang-undang saja lah. Itu urusan dari pemerintah,” tutur Taufik.

Dikabarkan sebelumnya, melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah saat ini sedang mendalami keberadaan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Jika memang terbukti menyimpang, maka kemungkinan besar ormas tersebut akan dibubarkan.

Hal ini, lanjutnya, telah ditangani secara terpadu oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

“Kalau jelas fakta dan buktinya, bisa dibubarkan. Semua sudah marah loh, semua sudah minta segera ditertibkan,” lanjut Tjahjo. (ms/ko)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow