WP-MagOne-728x90

Pemerintah Terbitkan Perppu untuk ‘Mem-by pass’ Mekanisme Rumit Pembubaran Ormas

SHARE:

Pemerintah Terbitkan Perppu untuk ‘Mem-by pass’ Mekanisme Rumit Pembubaran Ormas
HTI
PBNU: Tuhan Jangan Diajak Kampanye
Sejumlah Tokoh Bantah Ada Kriminalisasi Ulama

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Langkah pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintahan Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Pembubaran Ormas merupakan upaya untuk ‘mem-by pass’ prosedur pembubaran ormas yang sebelumnya sudah tertuang dalam UU Ormas.

“Pilihan pemerintah membuat Perppu merupakan upaya legal untuk ‘mem-by pass’ (UU Ormas),” ungkap Ketua Lakpesdam Pengurus Besar Nahlatul Ulama (PBNU) Rumadi Ahmad, Rabu (12/7/17).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas mengatur bahwa pembubaran ormas harus melalui mekanisme pengadilan. Tentu, sebutnya, prosedur ini terlalu rumit dan akan memakan waktu yang lama.

“Tampaknya pemerintah tidak mau mengikuti prosedur dalam UU Ormas yang memang cukup rumit dan lama,” sambungnya.

Perppu ini, menurutnya akan mampu menyederhanakan prosedur pembubaran ormas, dan sebagai landasan pemerintah untuk mengambil langkah terhadap Ormas yang dianggap bertentangan dengan dasar negara.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyampaikan Presiden Jokowi telah menandatangani Perppu tentang Ormas untuk membubarkan ormas yang dinilai radikal. Perppu ini dijadwalkan akan diumumkan pada Rabu 12 Juli 2017 siang ini. (dd)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow