Pemerintah Tegaskan Akan Bubarkan HTI, Wiranto: Aktivitas HTI Membahayakan NKRI

SHARE:

Pemerintah Tegaskan Akan Bubarkan HTI, Wiranto: Aktivitas HTI Membahayakan NKRI
Foto Konfrensi Pers Pembubaran HTI
Tak Mau Mencontoh Ketum Golkar, Wiranto Tolak Jadi Ketum Hanura Lagi
HTI Tunggu Hasil Sidang Pendahuluan Gugatannya di MK
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Menilai HTI Tidak Merasa Diri Sebagai Orang Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto menekankan bahwa setiap organisasi masyarakat harus tunduk pada ideologi kebangsaan, Pancasila. Jika ada ormas yang secara terang-terangan menolak ideologi Pancasila maka akan ditindak tegas, bahkan akan dilarang dan dibubarkan.

“Maka tatkala dalam kegiatannya nyata-nyata bertentangan dengan Pancasila, nyata-nyata tidak sesuai dengan Pancasila, maka, ya harus kita bubarkan, kita larang.” tegas Wiranto, di Jakarta, Senin (8/5/17).

Dirinya memastikan, pemerintah tengah menyiapkan landasan hukum yang akan digunakan untuk membubarkan ormas-ormas yang kegiatannya dianggap bertentangan dengan Pancasila. Dasar hukum pembubaran mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan.

Baca juga  Membongkar Kedok HTI Bersama KH Imam Ghazali Said

“Tunggu saja ya. Tentu kita perlu proses yang benar. Proses yang dapat dipertanggungjawabkan melalui satu acuan hukum yang berlaku di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, masukan dari masyarakat akan ditampung dan kemudian akan menjadi pertimbangan pemerintahan. Namun acuan utamanya tetap berdasarkan pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini penting guna mengantisipasi munculnya polemik di dalam masyarakat.

“Suara masyarakat, ya kita tampung, kita terima. Kehendak masyarakat kita tampung, kita terima. Tapi kita juga melihat hukum yang ada. Oleh karena itu kita tunggu saja. Dalam waktu singkat, tidak usah diributkan, pasti ada keputusan (terkait pembubaran ormas),” pungkasnya.

Baca juga  Hizbut Tahrir dan Doktrin Nazi Hitler

Wiranto menuturkan, salah satu ormas yang masuk dalam bidikan pemerintah untuk dibubarkan adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Alasannya, lanjut Wiranto karena aktivitas HTI secara terang-terangan telah menimbulkan kegaduhan yang mengancam stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat.

“Mencermati berbagai perimbangan di atas, serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” seru Wiranto.  (dd)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS