Ormas Islam yang Anti Pancasila, KH Ma’ruf Amin: Bukan Barisan MUI

SHARE:

Ormas Islam yang Anti Pancasila, KH Ma’ruf Amin: Bukan Barisan MUI
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin.
Kiai Ma’ruf: Keberangkatan Yahya Staquf ke Israel tidak Didukung MUI dan NU
Pimpinan MUI: Masjid sebagai Tempat Pendidikan Politik Tidak Dilarang
Ulama Suriah Minta MUI Bendung Kabar Hoaks

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin kembali mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk tetap menjaga Pancasila dari rongrongan kelompok kiri dan kanan, terutama ormas-ormas Islam radikal yang anti Pancasila.

Hal tersebut ia sampaikan dalam workshop bertajuk ‘Pengawasan Melalui Peneguhan Pancasila bagi Aparatur Sipil Negara’ yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, Selasa (30/5/2017).

Dalam workshop tersebut, ia menegaskan bahwa siapapun, terutama ormas Islam, yang tidak berkomitmen pada Pancasila, maka ia bukan bagian dari MUI.

Baca juga  Sejumlah Tokoh Bantah Ada Kriminalisasi Ulama

“Ormas Islam yang tak berkomitmen terhadap Pancasila tidak berada dalam barisan MUI,” tegasnya.

Karena baginya, Pancasila adalah bentuk kesepakatan bersama. Sehingga siapa yang tidak mengakuinya, maka berarti ia telah menghianati dan tidak menghormati cita-cita kesepakatan bangsa tersebut.

“Kita punya konsensus nasional (Pancasila dan UUD 1945), dan jika mau mengubahnya itu berarti penghianatan pada kesepakatan,” lanjutnya.

Baca juga  Ormas Penentang Pancasila Akan Ditindak Tegas

Ma’ruf turut memberikan usulan kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini agar menggelar dialog nasional multi-elemen bangsa yang bersifat solutif, antisipatif dan rekonsiliatif.

Sementara, Kementerian Agama, baginya, harus turut mendorong secara aktif, terutama dalam membumikan nilai-nilai Pancasila sebagai perekat antar umat beragama sebagaimana cita-cita konstitusi. (ms)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS