Massa Aksi 55 Bubarkan Diri

SHARE:

Massa Aksi 55 Bubarkan Diri
Sebagian massa Aksi 55 berkumpul di halaman Masjid Istiglal
Massa Aksi 55 Bergerak dari Masjid Istiglal menuju MA
Batal Long March, GNPF MUI Kirim Bachtiar Nasir Sebagai Delegasi ke MA

JAKARAT, SUARADEWAN.com – Aksi simpatik 55 yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), berakhir. Ribuan massa aksi yang berkumpul di Masjid Istiglal Jakarta sejak siang, perlahan meninggalkan halaman masjid dan bergerak membubarkan diri untuk pulang ke rumah masing-masing.

Usai shalat jumat, sebagian massa aksi terlihat memenuhi ruas jalan Medan Merdeka Utara, Medan Mereka Timur hingga sebagian Medan Merdeka Selatan dan sebagian lagi memilih untuk tetap berada di masjid Istiglal untuk mendengarkan tausiah dari sejumlah ulama yang turut andil dalam aksi tersebut.

Format Aksi yang sebelumnya berencana akan menggelar long march dari Masjid Istiglal menuju Mahkamah Agung dalam rangka menuntut independensi majelis hakim dalam memutuskan kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Selasa 9 Mei 2017 pekan depan, akhirnya batal dilakukan.

Sebagai gantinya, GNPF MUI mengirimkan 10  delegasinya kepada MA untuk menyuarakan aspirasinya mereka. Delegasi dipimpin oleh ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir dan didampingi oleh KH Didin Hafiduddin, Kapitra Ampera, dan sejumlah tim advokasi GNPF MUI.

Setelah pihak MA menerima para delegasi dan mendengarkan aspirasi mereka, massa aksi kembali ke Masjid Istiglal. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto dalam keterangan persnya di Mabes Polri menyatakan bahwa secara umum aksi berjalan aman dan terkendali,” Demonstrasi tertib kok,”katanya, Jumat (5/5/17).

“Sekarang sudah keluar dari MA, perwakilan yang 10 orang tadi akan menyampaikan kepada massa setelah itu mereka kembali ke Istiqlal, sholat Ashar, lalu bubar,” sambungnya. (dd)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow