Mantan Anggota Komisi V Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

SHARE:

Mantan Anggota Komisi V Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin
Andi Taufan Tiro, Mantan Anggota Komisi V DPR RI/ Fraksi PAN
DPR Minta Masukan Pakar dalam Pembahasan RUU SDA
Jaksa Tuntut Amran Hl Mustary 9 Tahun Penjara

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Jaksa eksekutor mengeksekusi mantan Anggota Komisi V DPR RI Andi Taufan Tiro ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Putusan atasnya telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Kita juga sudah lakukan eksekusi terhadap Andi Taufan Tiro yang sudah divonis pengadilan selama sembilan tahun. Kita bawa ke Sukamiskin untuk kita eksekusi lebih lanjut. Tadi sore kita dapat informasinya,” ujar Kabiro Humas Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Putusan ini sesuai dengan vonis majelis pada 26 April lalu. Politikus PAN itu terbukti menerima suap sekitar Rp 7,4 miliar terkait proyek di Kementerian PUPR untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara. Suap berasal dari dua pengusaha yakni Abdul Khoir dan Hengky Poliesar. Majelis hakim menyebut Andi telah mengembalikan Rp 500 juta ke KPK.

Sebanyak Rp 3,9 miliar dan SGD 257.661 atau setara dengan Rp 2,5 miliar diterima Andi dari Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama, Abdul Khoir. Sementara itu SGD 101.807 diterima Andi dari Direktur Utama PT Martha Teknik Tunggal, Hengky Poliesar.

Penyerahan uang kepada Andi dilakukan beberapa tahap. Salah satunya di pinggir jalan di dekat komplek DPR di Kalibata, Jakarta Selatan.

Melalui suap tersebut diharapkan agar Andi mau menyalurkan program aspirasinya menjadi infrastruktur jalan di wilayah Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara.

Akibatnya tak hanya dibui sembilan tahun, hak politik Andi juga dicabut untuk menduduki jabatan politik. Terhitung lima tahun usai menjalani hukuman. (idh/idh)

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow