Ledakan Gudang Amunisi Tank di Ukraina Sebagai Sabotase

SHARE:

Ledakan Gudang Amunisi Tank di Ukraina Sebagai Sabotase
Musim Dingin Ukraina di Monas
Lagu Gebyar Gebyar Berkumandang di Kiev-Ukraina
Donald Trump Dijadikan Nama Bir Di Ukraina

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sebuah gudang amunisi di pangkalan militer di timur Ukraina meledak pada Kamis, 23 Maret 2017 waktu setempat. Pejabat militer pun menyebut ini sebagai akibat dari tindakan sabotase.

Dikabarkan, gudang amunisi tersebut berisi sekitar 138 ribu ton senjata. Gudang yang berada di Balakliya, dekat Kharkiv sekitar 100 kilometer dari lokasi serangan antara tentara pemerintah dan kelompok separatis yang didukung Rusia.

Meski dalam insiden tersebut tidak menelan korban, tim penyelamat tetap melakukan evakuasi kurang lebih 20 ribu warga desa di sebelah timur kawasan Kharvik.

Baca juga  Musim Dingin Ukraina di Monas

“Menurut data awal, ledakan ini sebagai akibat dari sabotase, tadi malam pukul 02.46 waktu setempat. Kebakaran dan peledakan menyebabkan ledakan amunisi di beberapa situs penyimpanan roket dan senjata artileri,” kata jaksa kepada militer Ukraina Anatoly Matios.

Selain itu, Oleksander Motuzyanyk selaku juru bicara militer mengatakan, selain melakukan evakuasi desa terdekat di wilayah Kharkiv, keamanan di sekitar pangkalan lainnya sedang ditingkatkan.

Baca juga  Perjalanan Setahun Yuddy Chrisnandi sebagai Dubes RI untuk Ukraina

Kepada salah satu saluran televisi setempat, juru bicara militer lain Yuzef Venskovich mengatakan bahwa penyabotase sebelumnya mencoba untuk menghancurkan basis yang sama dengan menggunakan drone pada 2015.

Kurang lebih 10 ribu orang telah tewas dalam konflik antara Ukraina dan pemberontak separatis sejak 2014. Dan diijadwalkan, Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman akan terbang ke daerah tersebut pada hari ini. (ms)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS