WP-MagOne-728x90

KPK Bentuk Timsus Tangani Korupsi Perusahaan

SHARE:

KPK Bentuk Timsus Tangani Korupsi Perusahaan
Wakil ketua KPK, Laode M. Syarif.
Apakah KPK Sebagai Lembaga Pemberantasan Korupsi Bebas Dari Korupsi?
Ini Penyebab Pengawasan Dana Desa Masih Lemah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah membentuk tim khusus untuk menangani kasus korupsi yang berkaitan dengan perusahaan (korporasi).

Dasar pembentukan tim khusus ini adalah Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 13/2016 tentang Tata Cara Penanganan Tindak Pidana oleh Korporasi.

“Kami di KPK membentuk tim khusus untuk penyelidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab pidana korporasi,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, Sabtu (22/7).

Saat ini tim khusus sudah berhasil menjerat satu korporasi yang diduga melakukan korupsi yakni PT Duta Graha Indah (DGIK) yang sudah berubah nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring.

PT DGIK sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana Tahun Anggaran 2009-2010 yang melibatkan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno sebagai saksi.

Perusahaan tersebut disangka melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain mengusut PT DGIK, tim khusus KPK itu saat ini juga membidik sejumlah korporasi lain yang diduga melakukan tindak pidana korupsi yang diantaranya terkait korupsi proyek e-KTP.

“Tim khusus ini bertugas melakukan penyelidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan tanggung jawab pidana korporasi,” tukas Laode. (za)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow