Kemendag Himbau Semua Toko Ritel Modern Gabung Aprindo

SHARE:

Kemendag Himbau Semua Toko Ritel Modern Gabung Aprindo
Ilustrasi
Pemberdayaan UKM Kerja Sama ASEAN-Uni Eropa, Jadi Isu Utama yang Akan Dibahas dan Disepakati
Mendag Pastikan Harga Sapi Impor dari Australia Turun

SOLO, SUARADEWAN.com – Kementerian Perdagangan mengimbau semua toko ritel modern untuk bergabung ke Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Dengan bergabung ke Aprindo, pengusaha ritel modern akan mendapatkan berbagai manfaat dan kemudahan, misalnya bisa mendapat informasi mengenai barang dagangan yang lebih murah.

Selain itu, melalui Aprindo pemerintah juga akan lebih mudah memantau distribusi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat, sebab datanya terpusat.

“Bagi toko ritel, kita imbau segera ikut dalam Aprindo agar selaras dengan kebijakan pemerintah. Juga demi kelancaran bisnis ritel yang dijalankan,” kata Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, saat melakukan sidak toko ritel di Solo, Minggu (7/5).

Contoh ketidakselarasan kebijakan pemerintah dengan toko ritel yang bukan anggota Aprindo adalah dalam penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET). Dalam sidak di Solo itu Eva menemukan sejumlah komoditas yang dijual di toko ritel non-Apindo harganya lebih tinggi dari HET yang ditetapkan pemerintah.

Dijelaskan Eva, penetapan HET oleh Pemerintah tujuannya adalah untuk menjamin keuntungan yang diterima kedua belah pihak, baik pelaku usaha maupun masyarakat sebagai konsumen. Karena itu aturan HET ini harus dipatuhi oleh semua pengusaha ritel modern.

“Pak Menteri Perdagangan berharap agar dengan HET ini tidak hanya masyarakat yang diuntungkan. Pelaku usaha juga tetap untung. Tidak ada yang dirugikan,” ungkap Eva. (za/de)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow