WP-MagOne-728x90

Kapolri: Arus Mudik dan Balik Tahun ini Jauh Lebih Baik

SHARE:

Kapolri: Arus Mudik dan Balik Tahun ini Jauh Lebih Baik
Ilustrasi Arus Mudik Lebaran
Programnya Dikritik, Anies : Bukan DP Nol Persen, Tapi Nol Rupiah
Beberkan Penemuan Paket dari Kamboja, 36 E-KTP Dinyatakan Palsu

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan sejumlah fakta keberhasilan arus mudik dan balik Lebaran 2017. Sejumlah kesimpulan disampaikannya di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/7/17).

Hal utama yang disampaikan Kapolri adalah mengenai jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran yang ditangani melalui Operasi Ramadniya 2017.  Menurutnya, turun signifikan dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016.

“Jumlah korban meninggal dunia turun 42 persen,” kata Kapolri, dikutip dari Antara.

Menurut Kapolri, kondisi arus mudik tahun ini membaik dibandingkan dengan tahun lalu, baik yang mudik ke arah Sumatera, ke Pantura, maupun ke Jalur Selatan.

“Memang ada kepadatan, tapi tidak ada yang stuck apalagi sampai berjam-jam,” katanya.

Menurut Jenderal Tito, keberhasilan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini disebabkan oleh sejumlah faktor penting. Pertama adalah difungsikannya tol darurat Brebes-Gringsing dan telah dibangunnya empat jalan layang di Brebes dan Tegal.

Selain itu, kerja sama antarkementerian dan instansi terkait juga ikut andil memperlancar kesiapan pemerintah dalam memfasilitasi arus mudik dan arus balik Lebaran bagi masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik dari Polri, Kemenhub, TNI, terutama Kementerian PU Pera, Bapak Presiden dengan langkah-langkah beliau untuk membuat jalur 110 kilometer dari Brebes ke Gringsing itu sangat menolong untuk mengurai arus,” papar Kapolri.

Selain itu, katanya, pembangunan empat jalan layang dari Brebes ke arah selatan melancarkan arus lalu lintas yang selama ini terganggu perlintasan kereta api.

Masih dalam laporan Antara, mengenai arus balik, Kapolri menilai tahun ini juga lebih baik daripada tahun sebelumnya.

“Arus balik memang terjadi kepadatan di Cipali, Cikampek, Nagrek, dan Tanjakan Gentong, tapi relatif berjalan, tidak stuck,” katanya.

Kapolri menyoroti tentang sejumlah area istirahat di Tol Cipali yang mengalami kepadatan jumlah pengunjung sehingga sempat menyebabkan kemacetan di tol tersebut.

“Karena mungkin masyarakat lelah setelah perjalanan panjang. Karena rest area penuh, akhirnya beristirahat di bahu jalan. Ini membuat kemacetan panjang,” katanya. (dd)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow