WP-MagOne-728x90

Jejak Sang Jenderal, Pencipta Keamanan Kalimantan Timur

SHARE:

Jejak Sang Jenderal, Pencipta Keamanan Kalimantan Timur
Irjen Pol Safaruddin (tengah) Kapolda Kalimantan Timur
Tentang Bahaya Narkoba, Begini Pesan Kapolda Kaltim
Kiprah Sang Jenderal, Dari Goweser Hingga Majelis Ta’lim

SAMARINDA, SUARADEWAN.com – Irjen Pol Safaruddin adalah Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, orang nomor 1 kepolisian Kaltim ini disebut sebagai putra terbaik di angkatannya.

Terang saja, sejak lulus Akademi Kepolisian, 1984, putra Kelahiran Sengkang, Sulawesi Selatan, 10 Februari 1960 ini mengalami sejumlah rentatan prestasi dan karir yang cemerlang.

Sebelum duduk di kursi nomor satu Polda Kaltim, Safarudin mengabdi sebagai Wakil Kepala Badan Intelkam Mabes Polri. Ia merupakan lulusan Akpol dengan pengalaman dalam bidang reserse. Jabatan sebelumnya adalah Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri.

Awal karir Safarudin dimulai di Jawa Timur. Mengemban amanah sebagai Kapolres Surabaya Timur dan Karo Polda Jawa Timur. Sejak 2008 sampai 2010, Safarudin mulai masuk ke Mabes Polri. Namanya semakin bersinar setelah tiga tahun berjibaku di Kalimantan Barat sebagai Wakil Kepala Polda Kalimantan Barat.

Sejak 2010 hingga 2013 di Kalimantan Barat dengan pangkat Komisaris Besar Polisi, Safaruddin diangkat menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra SSDM Mabes Polri.

Setelah kurang lebih setahun di Mabes Polri, Safarudin naik pangkat menjadi Brigjen Polisi pertengahan Oktober 2014. Kurang lebih setahun berstatus Jenderal Bintang Satu, Safarudin dipercaya menjadi Wakil Kepala Badan Intelkam Mabes Polri. Dan akhirnya kembali ke Pulau Borneo memimpin Polda Kaltim dengan status Jenderal Bintang Dua.

Ditengah-tengah menjalankan tugas sebagai kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin pernah digadang-gadang bakal menggantikan Kabareskrim Komisaris Jenderal Anang Iskandar. Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan Irjen Safaruddin memiliki kapasitas yang mumpuni dengan latar belakang dan pengalaman di Reserse, selain itu juga bisa diliat dari segi senioritas.

Irjen Safaruddin kerap melakukan safari di kampung-kampung, bahkan kerap diundang menjadi penceramah di pesantren. Dalam safarinya, ia berpesan kepada para santri agar senantiasa terus belajar dan membuka wawasan yang luas.

“Menjadi santri yang berwawasan luas serta mampu mengerakan pontesi yang ada di tempat santri berada untuk kemakmuran bersama,” pesan Irjen Pol Safaruddin.

Baca juga: 

Dalam mengurangi angka kriminalitas, Kapolda Kaltim ini kerab melakukan pendekatan humanis kepada masyarakat. Maka tak heran, bak calon Presiden Banner maupun Baliho Kapolda Kaltim ini bertebaran di setiap sudut kota, tengah kota hingga ke pelosok desa demi menyadarkan masyarakat akan bahaya kriminalitas, penggunaan narkoba serta yang lainnya.

Ia pun senantiasa melakukan program-program positif lainnya, seperti Jalan Santai Damai, penyuluhan narkoba, serta khutbah-khutbah di masjid demi menyampaikan pesan tentang Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat.

Maka, tak salah jika putera asli Bugis, Makassar ini berkeinginan untuk membangun Kaltim melalui jalur politik. Dengan track record yang cukup berpengalaman di bidang keamanan diharapkan ia mampu menjaga Kaltim. Irjen Pol Safaruddin mengaku siap melangkahkan kakinya ke dunia politik tak lain untuk membangun Kaltim ke arah yang lebih baik.

Rekam Karir Irjen Pol Safarudin

7 Juni 2008: Kombes Pol Safarudin mutasi dari Analis Utama Rolitbang Sderenbang Polri menjadi Kabag Jianbang Rolitbang Sderenbang Polri.

24 April 2009: Dimutasi lagi dari Kabag Jianbang Rolitbang Sderenbang Polri menjadi Kabag Anev Robinops Sdeops Polri

8 Juni 2010: Melalui Surat Kapolri nomor STR/443/VI/2010 Kombes Safarudin dipercaya menduduki jabatan Wakapolda Kalimantan Barat menggantikan Kombes Pol Arie Sulistyo.

15 Februari 2013: Setelah menjabat Wakapolda Kalbar selama hampir tiga tahun, Kombes Safarudin ditarik ke Jakarta Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra SSDM sekaligus mengikuti Lemhanas. Ia diganti Kombes Hasanudin Kabag Operasi Korps Brimob Polr

3 Oktober 2014 : Mendapat promosi dari Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra SSDM Polri menjadi Karowapers SSDM Polri.

14 Oktober 2014: Melalui SK Presiden RI No: 61/Polri/2014 pangkatnya resmi naik menjadi Brigjen

22 Januari 2015: Dapat promosi lagi dari Karowatpers SSDM Polri menjadi Wakabaintelkam Mabes Polri. Posisi Karowatpers diisi Brigjen Pol Basarudin. Pangkat Brigjen Safarudin pun naik menjadi Irjen.

3 September 2015: Dipercaya menjabat Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Andayono yang memasuki usia pensiun.Irjen Pol Safarudin menjabat Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Pol Andayono. Rencananya Serah Terima Jabatan akan digelar besok, Rabu (10/9/2015).

Riwayat Pendidikan

  • Akpol (1984)
  • PTIK (1992)
  • Sespim (1999)
  • Sespati (2008)
  • Lemhanas (2013)

Riwayat Jabatan

  • Kapolsekta Gorontalo Barat Polda Sulut (1984)
  • Kepala Reserse Polresta Manado Polda Sulut (1988)
  • Pjs. Kasubbag Min Puskodalops Polda Sumbagsel (1992)
  • Kepala Bagian Serse Polwil Lampung Polda Sumbagsel (1993-1996)
  • Kabag Serse Tipiter Direktorat Serse Polda Jatim (1999)
  • Kapolresta Surabaya Timur Polwil Tabes Surabaya Polda Jatim (2000)
  • Kapolres Tulungagung Polwil Kediri Polda Jatim (2001)
  • Kabag Binkar Ro SDM Polda Jatim (2003)
  • Kapolres Metro Jakbar Polda Metro Jaya (2005)
  • Karo Pers Polda Jatim (2006)
  • Analis Kebijakan Madya Bid Jianstra SSDM Polri (2007)
  • Kabag Jianbang Rolitbang Sderenbang Polri (2008)
  • Kabag Analisis dan Evaluasi Robinops Sdeops Polri (2009)
  • Wakapolda Kalbar (Jun 2010-Feb 2013)
  • Asdep IV Dep V Bid Koorkamnas Kemenkopolhukam RI (Feb 2013-Okt 2014)
  • Karowatpers SSDM Polri (Oktober 2014-Januari 2015)
  • Wakabaintelkam Polri (Januari 2015-September 2015)
  • Kapolda Kaltim-Tara (September 2015-sekarang) (AW)
25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow