Jaga Privasi, 6 Hal Berikut Ini Jangan Diunggah di Facebook

SHARE:

Jaga Privasi, 6 Hal Berikut Ini Jangan Diunggah di Facebook
Kritisi Ananda Sukarlan, Kawendra : Pianis Kelas Dunia, Tapi Mental Kelas RT
Begini Status Facebook Musdah Mulia, Soal Buya yang Naik Sepeda

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Privasi merupakan hal yang sulit ditemukan akhir-akhir ini. Media sosial yang selalu Anda gunakan bisa jadi penyebab utama hal tersebut. Untuk mencegah privasi Anda semakin terganggu, pastikan tidak mengunggah 6 hal berikut ini di media sosial manapun yang Anda miliki termasuk Facebook.

1. Alamat Rumah dan Kantor

Sebelum menekan tombol share, pastikan tidak menyertakan alamat tempat tinggal Anda pada profil Facebook. Checking in dan geotagging – proses menambahkan identifikasi geografis metadata untuk berbagai media seperti foto dimana akan disisipkan suatu koordinat tempat secara detail, termasuk keterangan posisi dan bujur, yang tanpa Anda sadari dapat menyertakan alamat tempat tinggal Anda.

Anda tentu mengerti cara untuk memasukkan sebuah lokasi pada Instagram, bukan? Saat Anda melakukan hal tersebut, lokasi yang muncul merupakan lokasi Anda berada saat itu. Sama halnya dengan checking in dan geotagging photos di laman Facebook Anda.

Waspada terhadap orang-orang yang juga menyertakan (tag) alamat Anda pada saat berkunjung. Bahkan teman sekalipun yang menyertakan alamat tempat tinggal Anda, seperti apartemen tanpa izin tentu bukan hal yang dapat disepelekan.

2. Foto

Tidak sedikit orang menghabiskan waktu luangnya dengan mengambil foto, mulai dari foto pemandangan, foto makanan, foto selfie atau foto orang lain yang ditemuinya di taman. Saat foto orang lain yang Anda temui di lokasi acak, misal taman dan terutama anak-anak, pastikan Anda mengantongi izin dari orang tua si anak sebelum mengunggah foto tersebut. Hal tersebut juga berlaku bagi buah hati Anda sendiri.

3. Detail Liburan

Memberi tahu banyak teman di Facebook jika Anda ingin berlibur ke luar kota atau luar negeri selama beberapa waktu merupakan undangan bagi para perampok. Bukan berarti Anda tidak berhak mengunggah foto-foto liburan, hanya saja batasi siapa yang dapat melihat foto tersebut, misal keluarga atau teman kantor. Hindari unggahan seperti, “Kami akan berada di Madrid 10 Oktober, Berlin 17 hingga 25 Oktober dan Roma 25 hingga 31 Oktober sebelum kembali ke rumah. Adakah teman-teman dari ketiga kota tersebut yang dapat meluangkan waktunya untuk berkumpul bersama kami?”

4. Kata Sandi

Pertanyaan seputar kata sandi pada berbagai media sosial termasuk Facebook nyatanya tidak masuk akal. Pertanyaan seperti kota tempat Anda tumbuh besar, nama binatang peliharaan, tahun berapa Anda menikah atau nama pacar pertama Anda merupakan detail privasi Anda dimana seisi media sosial tidak perlu mengetahuinya.

5. Intimasi

Hindari mengunggah foto-foto yang sifatnya pribadi pada media sosial apapun, baik Instagram, Facebook, Twitter maupun Snapchat. Bahkan bagi yang sudah menikah sekalipun, mengunggah foto-foto intim bukan ide bagus. Terlebih saat ini sangat sulit menemukan orang yang benar-benar dapat dipercaya.

6. Informasi finansial

Ada saja orang yang mengunggah foto kartu kreditnya di media sosial. Bermodalkan tempat dan tanggal lahir, tahukah Anda jika seorang peretas dapat mengakses seluruh informasi finansial Anda? Jika kebetulan menjumpai pertanyaan aneh pada laman Facebook maupun Twitter Anda, seperti bank apa yang Anda gunakan atau besarnya pendapatan Anda dalam satu bulan, segera laporkan keanehan tersebut melalui support center masing-masing media sosial. (EL)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow