WP-MagOne-728x90

ICER Pertanyakan Konstribusi Program CSR UBPE Pongkor PT Antam

SHARE:

ICER Pertanyakan Konstribusi Program CSR UBPE Pongkor PT Antam
Proyek Perumahan Puri Arraya Bogor Disinyalir Memiliki Amdal Bodong
PT. Antam, Tbk Harus Diaudit Tim Independen

JAKARTA, SUARADEWAN.com –  Sekilas PT ANTAM Tbk sebagai raksasa perusahaan yg menggeluti bidang tambang kini mendapat sorotan tajam dari ICER (Indonesia Community Energy Research). Namun kali ini, yang disoroti ialah Unit Bisnis Pertambangan Emas UBPE Pongkor, Kab. Bogor.

Sekilas sejarah mengungkap bahwa Pada tahun 1981 ditemukan adanya deposit emas di wilayah gunung Pongkor, dan resmi pada tahun 1994 dimulailah aktivitas operasi pertambangan yang dikelola oleh Unit Bisnis Pertambangan Emas UBPE Pongkor PT Antam. Namun kini sebuah issu terdengar nyaring bahwa izin operasi UBPE Pongkor PT Antam akan berakhir tahun 2021 nanti.

Hal itu disampaikan Hasyemi Faqihudin koordinator wilayah Jawa Barat di bilangan lenteng agung, Jakarta selatan, Senin (18/7). Ia mengungkapkan bahwa Setelah lebih dari 20 tahun UBPE Pongkor PT Antam beroperasi, tentunya sudah banyak juga sumbangan positif yang diberikan untuk memajukan kehidupan masyarakat Pongkor.

“Tentunya, hasil tambang menjadi sektor penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan alhasil APBD Pemerintah Kabupaten Bogor bisa mencapai kurang lebih Rp 5 triliun.” Ungkapnya.

Namun Hasyemi pun menambahkan disisi lain pun implementasi 20 tahun, program CSR UBPE Pongkor PT Antam untuk membangun kemandirian ekonomi lokal terkesan tidak terserap secara maksimal.

“Buktinya Banyak masyarakat yang berfikir konservatif lalu memilih mencari nafkah dengan menjadi penambang emas liar atau lebih familiar disebut gurandil. Padahal Aksi gurandil yang berlangsung selama puluhan tahun sangatlah merugikan karena berdampak pada menipisnya cadangan tambang dan memicu gesekan dengan pihak perusahaan” tandasnya.

Terpisah, Iqbal tawakal direktur eksekutif ICER saat dihubungi awak media mengatakan bahwa Menyisakan 2 tahun sebelum tutup lubang, seluruh pihak baik stake holder maupun UBPE Pongkor PT Antam wajib memformulasikan suatu konsep yang strategis dan sustainable di sektor lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi bagi pembangunan SDM masyarakat Pongkor

“Program Community Development merupakan sub bidang CSR yang paling tepat dikembangkan untuk tujuan pembangunan manusia.” Tegasnya.

Melalui langkah konstruktif, ICER Wilayah Jawa Barat waktu dekat ini, sekira tgl 24 Agustus 2017 akan mengadakan seminar pembangunan Daerah dengan tema “Analisa Futuristik 20 Tahun Upaya PT. ANTAM Tbk Membangun dan Menjaga Kemandirian Ekonomi Masyarakat Pongkor Pasca Tutup Lubang 2021″ yang akan dihadiri sejumlah kalangan pemangku kebijakan pusat dan daerah juga pihak PT. ANTAM hingga aktivis lingkungan hidup dan HAM.

“Koordinator ICER Wilayah Jawa Barat Dalam Hal ini Memiliki Tanggung jawab penuh menyoal ini. Yang fungsinya ICER menyoroti energi di seluruh indonesia.” tandasnya.

Ia menambahkan, Berharap ICER menjadi jalan tengah untuk mencari solusi bersama terkait kekayaan energi yang negara kita miliki.

“Intinya, Konsep empowerment dan sustainable development menjadi pijakan untuk mengukur keberhasilan suatu program CSR. Perusahaan telah menyadari bahwa tanggung jawabnya bukan hanya berupa kegiatan ekonomi untuk menciptakan profit demi kelangsungan bisnisnya saja, melainkan juga tanggungjawab sosial (CSR) dan lingkungannya.” Tutupnya. (GH)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow