Gagal Paham, Muncul Lagi Upaya Membenturkan Islam dan Pancasila

SHARE:

Gagal Paham, Muncul Lagi Upaya Membenturkan Islam dan Pancasila
ilustrasi dalam sebuah pernyataan di facebook
Bung Karno di Sidang Umum PBB XV: Pancasila adalah Ideologi Alternatif Dunia
Ber-Islam ala Jokowi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Beberapa waktu lalu muncul lagi gerakan yang cenderung pada upaya makar terhadap NKRI, yakni gerakan tersebut memaksa ingin membenturkan antara ajaran agama Islam dan ideologi negara Pancasila.

Kegiatan tersebut digelar di Masjid At-Taqwa di Jl. K.H. Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (14/5) lalu. Kegiatan ini diinisiasi oleh DKM Masjid At-Taqwa dan Arrahmah dengan tema ‘Letters From Abottabad’ yang membahas evaluasi dan kritik pendiri kelompok teroris Al-Qaeda Usamah Bin Ladin Terhadap Perjalanan Jihad.

Kegiatan ini menghadirkan Fuad AL Hazimi, Lukman Syuhada, dan mantan terpidana kasus teroris Abu Tholut Al-Jawi sebagai pembicara.

Dalam salah satu slide kegiatan tersebut muncul pernyataan provokatif yang ingin membenturkan antara Islam dan Pancasila, dengan menganggap bahwa Pancasila bertentangan dengan akidah Islam sebab memerintahkan untuk beriman pada lima sila.

“Saudaraku Kaum Muslimin di Nusantara. Hendaklah kalian berusaha semaksimal mungkin untuk menjelaskan akidah tauhid kepada umat. Dan juga menjelaskan kepada umat bahwa pancasila bertentangan dengan akidah Islam karena Pancasila memerintahkan untuk beriman kepada lima sila sebagai dasar negara. Ketuhanan yang maha esa, nasionalisme, kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial,” kata tulisan di Slide tersebut.

Pernyataan yang menunjukkan gagal paham terhadap Pancasila ini secara tidak langsung sudah merendahkan peran, ilmu, dan amal para pendiri bangsa yang tidak lain sebagiannya adalah para ulama dan tokoh Islam.

Jika menggunakan logika terbalik dari pernyataan tersebut, maka pernyataan itu dapat bermakna bahwa ulama besar misalnya dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang cinta NKRI dan Pancasila, baik sejak pra kemerdekaan hingga sekarang, dianggap tidak mengerti mengenai tauhid dan akidah Islam lainnya dibandingkan dengan kelompok anti Pancasila tersebut.

Persoalan ini sempat membuat heboh jagad media sosial facebook. Salah satunya adalah melalui postingan akun Awan Kurniawan pada Senin (15/5) yang menampilkan foto spanduk kegiatan DKM Masjid At-Taqwa tersebut serta slide provokatifnya. (za)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow