DPR Pantau Harga Pangan Jelang Puasa Hingga Idul Fitri

SHARE:

DPR Pantau Harga Pangan Jelang Puasa Hingga Idul Fitri
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron.
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Makan Malam dengan Paslon Anies-Sandi
Pemerintah Tuntut Asing Ganti Rugi Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi IV DPR RI akan memantau pergerakan harga bahan pangan menjelang puasa dan hingga idul fitri. Pasalnya, berdasarkan pengalaman sebelumnya, harga bahan pangan menjelang bulan suci hingga hari raya umat islam itu sering melonjak naik.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron. Menurutnya, untuk saat ini stok pangan dan komoditas yang dibutuhkan lainnya sudah mencukupi.

“Untuk pangan pokok beras memang semuanya digenjot untuk persiapan Ramadhan dan Idul Fitri, dan  saya kira stoknya sudah cukup. Komoditas lainnya juga mencukupi, sementara untuk ketersediaan daging, pemerintah sudah memutuskan menambah impor daging kerbau guna memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari,” kata Herman.

Selain itu, politikus partai Demokrat ini juga menyinggung mengenai para penimbun dan spekulan bahan pangan yang membuat harga kebutuhan pokok naik dan merugikan masyarakat.

Menurutnya, jika Undang-Undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 difungsikan sebagaimana mestinya untuk memberikan sanksi para penimbun dan spekulan, maka sebenarnya tidak perlu sampai dibentuk satgas pengawasan pangan.

“Pasal itu bisa menjerat para penimbun atau para spekulan di pasar, dan ancaman hukumannya adalah 7 tahun penjara dan dan dendanya 100 miliar. Sehingga hukuman yang keras ini semestinya bisa dijadikan dasar untuk aparat penegak hukum dengan institusinya, jadi tidak perlu dibentuk Satgas Pengawasan Pangan,” tuturnya. (za/tr)

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow