DPR Ingatkan Massa Aksi 287 Jangan Bikin Onar

SHARE:

DPR Ingatkan Massa Aksi 287 Jangan Bikin Onar
Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto.
Mengenal HTI dan Mengapa Pemerintah Wajib Membubarkannya
Bijak! Jokowi Beri Ruang bagi Mereka yang Mau Gugat Perppu Ormas
Komunitas Ojek Online Dukung Pembubaran HTI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Massa yang tergabung dalam kelompok aksi 287 yang menetang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) menggelar aksi long mach dari Masjid Istiqlal ke Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta, Jumat (28/7).

Kedatangan mereka ke MK untuk menyampaikan aspirasi penolakannya atas perppu Ormas yang dinilai bisa disalahgunakan penguasa dan mengancam eksistensi ormas di Indonesia.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, siapapun yang ingin menggelar unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya boleh-boleh saja, asalkan dilakukan dengan tertib dan tidak membuat onar.

Baca juga  KPK Tetapkan Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Tersangka Suap, Ini Harta Kekayaannya

“Tentu kita harus beri kesempatan rakyat unjuk rasa, Judicial Review, ingin hal yang tentu berbeda dengan pemerintah, itu harus diberikan. Itu kan diatur. Ini kita persilakan, yang penting ikuti aturan dan tak bikin onar dan jaga keamanan. Kita percayakan kepada aparat penegak hukum,” kata Agus di Kompleks Parlemen, DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/7).

Massa aksi mulai bergerak menuju gedung MK usai menggelar sholat Jumat di Masjid Istiqlal. Polisi menyiagakan sekitar 9-10 ribu personilnya untuk menjaga keamanan di sekitar lokasi aksi.

Baca juga  Mendagri : Perppu Tidak Menyasar Agama maupun Organisasi Tertentu

Sementara itu, Kuasa hukum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Kapitra Ampera, sudah tiba di MK dengan ditemani sejumlah orang. Mereka berencana untuk mendaftarkan gugatan terhadap Perppu Ormas.

“Ini untuk pendaftaran uji materi Perppu Ormas,” kata Kapitra di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (28/7). (za/de)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS