DPR Apresiasi Pemerintah Dapat Opini WTP

SHARE:

DPR Apresiasi Pemerintah Dapat Opini WTP
Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Mucharam (Fraksi PKS)
Menkeu: Penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2017 Masih Nol Persen
Menkeu: Dana Desa Semakin Besar, Kemiskinan tidak Beranjak Turun
Banyak Yang Mempermasalahkan Utang Negara, Sri Mulyani Beri Penjelasan Panjang Lebar

JAKARTA, SAURADEWAN.com – Anggota Komisi XI DPR RI Ecky Awal Mucharam mengapresiasi pemerintahan Presiden Jokowi yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2016.

Secara khusus ia juga mengucapkan selamat pada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berhasil membuat pemerintah  memperoleh opini WTP untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemerintah secara khusus kepada Menteri Keuangan yang pada tahun ini untuk pertama kalinya dalam 12 tahun mendapatkan hasil audit WTP,” kata Ecky dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5).

Menurut politikus PKS ini, pencapaian tersebut perlu segera disertai dengan laporan keuangan konsolidasial dengan pemerintah daerah, sebab ini adalah bentuk konsekuensi negara kesatuan. Apalagi jika mengingat porsi dana transfer ke daerah yang semakin besar.

“Ini bentuk konsekuensi negara kesatuan, laporan keuangan konsolidasial jadi sebuah keniscayaan,” tukasnya.

Selain itu Ecky juga mengimbau pemerintah untuk fokus pada semua temuan hasil audit yang belum ditindaklanjuti.

Sebelumnya, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara menyampaikan opini WTP atas LKPP Tahun 2016 ini. Hasil pemeriksaan LKPP tersebut didasarkan pada hasil pemeriksaan atas 87 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan satu Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara sebanyak 74 LKKL. (za/tr)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS