Diduga Suap BPK, Irjen Kemendes PDTT Jadi Tersangka

SHARE:

Diduga Suap BPK, Irjen Kemendes PDTT Jadi Tersangka
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo saat melantik Irjen Sugito sebagai Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar Kemendes.
Singgung Pasal 33 UUD 1945, JK Harap Aparatur Perbaiki Pemahamaan “Menguasai”
Fraksi PKPI Minta Pemda Sikka Segera Bereskan Sisa Pembayaran Kepada PT Karya Putra Sikka
Artis Hengky Kurniawan Calonkan Diri Sebagai Wakil Bupati Bandung Barat

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Inspektur Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Irjen Kemendes PDTT) Sugito diduga sebagai aktor utama dalam kasus suap Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Hal tersebut diungkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di mana Sugito menjadi sosok yang melobi BPK agar lembaganya mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk laporan keuangannya.

“Dalam rangka memperoleh WTP, SUG (Sugito) diduga melakukan pendekatan kepada pejabat dan auditor BPK,” terang Ketua KPK Agus Rahardjo dalam jumpa persnya di Gedung KPK, Sabtu (27/5/2017).

Baca juga  Suap WTP, DPR Akui Selama Ini Sudah Curiga

Terkait kapan pendekatan tersebut dilakukan Sugito kepada para pejabat BPK, KPK belum bisa memastikannya lebih lanjut. KPK hanya mengacu pada waktu dimulainya pemeriksaan laporan keuangan Kemendes 2016 di mana pendekatan Sugito diduga terjadi pada bulan Maret 2017.

KPK juga belum memastikan apakah tindakan Sugito ini merupakan inisiatif sendiri (pribadi) atas atas perintah Menteri Desa Eko Putro Sandjojo.

Baca juga  Heri Gunawan: Calon Terpilih BPK Harus Mampu Menjalankan Nawacita

“Kalau ada petunjuk akurat, pasti dikembangkan. Semua masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan atas petunjuk dan keterangan yang didapat,” tambah Agus.

Atas tindakannya ini, Sugito ditetapkan sebagai tersangka pemberi gratifikasi dalam perkara dugaan suap BPK. Ia dijerat pasal berlapis dan terancam hukuman penjara maksimal 5 (lima) tahun. (ms)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

COMMENTS