Deputi Senior BI : Politik Yang Stabil Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

SHARE:

Deputi Senior BI : Politik Yang Stabil Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
Tampak dari Depan Gedung Bank Indonesia
Pemerintah Dominasi DPR, Demokrat Akan Sulit Wujudkan Hak Angket
Kapolri: Sinergitas Polri-TNI Kunci Sukses Pengamanan Pilkada DKI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kuartal I 2017 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 5,01 persen. Angka itu sesuai dengan prediksi yang ditarget oleh Bank Indonesia (BI), yaitu 5 sampai 5,4 persen pada tahun 2017 ini. 

Namun, menurut Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara untuk terjadinya kestabilan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga perlu ditekankan adalah kestabilan politik di Indonesia. Karena politik yang stabil akan mempengaruhi meningkatnya pertumbuhan ekonomi. 

“Aktivitas ekonomi bergantung pada stabilitas politik dan sosial,” terang Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Oleh karena itu, menurut Mirza, demokrasi di Indonesia harusnya menjadi pemicu meningkatnya ekonomi. Euforia pilkada tidak boleh mengganggu kestabilan ekonomi yang membuat pasar siap berinvestasi di dalam negeri. Investor, imbuh Mirza, siap menanamkan modalnya tentu saja mempertimbangkan kondisi politik dalam negeri.  

Selain kestabilan politik, Mirza juga menyampaikan soal izin usaha. “Usaha kita bersama untuk mempermudah izin harus terus dilakukan. Tenaga kerja akan terserap bila kegiatan usaha meningkat,” terang Mirza.

Kemudahan mendapatkan izin usaha mesti menjadi prioritas pemerintah pusat dan daerah, sehingga gairah pasar meningkat tanpa kendala soal yang perizinan semata, “tutupnya” (aw/ko). 

25000onon

COMMENTS

Ikuti kami di media sosial

Please Like and Follow